Macam - Macam Hukum Dalam Syari’at Islam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Macam - Macam Hukum Dalam Syari’at Islam

527 kali dilihat

Banyak diantara kita yang belum mengetahui atau hanya sebatas tahu tentang hukum-hukum dalam Islam. Hukum-hukum tersebut secara garis besar dibagi menjadi lima hal, diantaranya adalah wajib, sunnah, haram, makruh, dan mubah. Dan kali ini kita akan memberikan sedikit ulasan tentang hukum- hukum tersebut.

 

1. Wajib

Wajib atau disebut fardhu, adalah suatu perkara yang dimana manusia akan mendapatkan pahala jika melakukannya dan akan mendapat siksa atau dosa bila tidak mengerjakannya. Contohnya adalah kewajiban menunaikan salat, kewajiban puasa dibulan ramadhan dan lain-lain.


2. Sunnah

Sunnah adalah suatu perkara yang mana jika manusia mau melakukannya maka dia akan mendapatkan pahala. Sunnah juga bisa berarti perbuatan yang dianjurkan agar manusia mendapatkan pahala, namun bila ia meninggalkan atau tidak mengerjakan perbuatan tersebut, maka ia tidak mendapatkan dosa.

Sunnah terbagi menjadi 2 yakni : Sunnah Muakkad (sunnah yang sangat ditekankan) dan Sunnah ghairu Muakkad (anjuran tidak terlalu ditekankan).

Contoh dari perbuatan sunnah ini adalah salat sunnah sebelum salat wajib (qobliyah) dan setelah salat wajib (ba'diyah), puasa senin kamis, dan lain sebagainya.



3. Haram

Haram adalah suatu perkara dimana bila manusia tidak mengerjakan perkara tersebut, maka dia justru akan mendapatkan pahala. Dan bila perkara itu dilakukan atau dikerjakan maka dia akan mendapatkan dosa. Contohnya seperti judi, mabuk, dan lain-lain.



4. Makruh

Makruh adalah suatu hal yang mana bila manusia meninggalkan perkara tersebut maka hukumnya adalah lebih baik dan akan mendapat pahala, dan bila seseorang mengerjakan suatu hal yang dihukumi makruh maka dia tidak mendapat dosa atau tidak ada konsekwensinya. Contohnya adalah makan dan juga minum sambil berdiri dan lain sebagainya.

 

5. Mubah

Mubah adalah suatu perkara atau hal yang boleh untuk dikerjakan dan boleh juga untuk ditinggalkan. Contohnya adalah memilih jenis makanan, dan lain sebagainya.

 



RELATED ARTICLE