DiaryHijaber
Keutamaan Menjalankan Sunnah Rasulullah SAW | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Keutamaan Menjalankan Sunnah Rasulullah SAW

(DiaryHijaber.com) - Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wa Sallam memiliki akhlak yang begitu agung dan mulia. Kesemua yang beliau lakukan dan ucapkan merupakan cerminan isi dari Alquran. Hal ini dapat kita ketahui dari jawaban pertanyaan yang dilontarkan oleh Hisyam bin Amir. “Akhlak beliau adalah Alquran” demikian jawaban Aisyah radhiyallahu’anhu, istri beliau. Sebuah jawaban yang singkat, namun penuh makna dan kemuliaan yang mendalam.

Karena itu tak salah bila kita kemudian menyebut bahwa beliau shalallahu ‘alaihi Wa Sallam adalah teladan yang terbaik bagi kita. Hal ini juga difirmankan oleh Allah Ta’ala di dalam Alquran, (yang artinya), Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah(QS al-Ahzaab:21).

Dengan melihat ayat diatas, bisa kita ketahui bahwa kita ingin menjadi manusia yang lebih baik, maka kitapun harus melakukan sunnah- sunnah beliau, memahami petunjuk Beliau, mengamalkan dan menyebarkannya di kalangan manusia, serta menganjurkan orang lain untuk mengikutinya dan melarang dari menyelisihinya, baik itu hal yang beliau ucapkan, yang diperbuat, ataupun penetapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang ditujukan sebagai syariat bagi kita umat Islam.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“.

Inilah salah satu keutamaan melakukan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain beroleh pahala berantai dari setiap orang yang telah kita kabarkan tentang sebuah sunnah Rasul yang kita ajarkan kepada orang lain, dengan menyebarkan sunnah Rasul tersebut, kitapun akan mendapatkan kemuliaan selama kita tetap dalam kesabaran dan ketaatan dalam menjalankannya.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, “Orang muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan manusia, maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah, karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya di kalangan manusia”.

Hijabers, semangat dan kesungguhan sebagai seorang muslim untuk meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah merupakan pertanda kesempurnaan iman seseorang. Dan semoga kita termasuk salah satu dari mereka tersebut. Aamiin.

 


Artikel Terkait Lainnya..
Puasa Ayyamul Bidh Atau Hari Putih

RELATED ARTICLE