Keutamaan Dan Keajaiban Asmaul Husna | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Keutamaan Dan Keajaiban Asmaul Husna

248 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Allah Subhanahu wata’ala adalah satu- satunya yang maha sempurna. Tidak ada siapapun atau sesuatupun yang setara apalagi melebihi Dia. Baginya pula melekat ke maha keindahan Asmaul Husna atau nama- nama yang indah, yang tidak akan terjangkau oleh akal makhluknya. Ke maha indahan itu ada di puncak kesempurnaan, dan sama sekali tidak ada cela ataupun kekurangan sekecil apapun di semua sisinya.

Telah tertulis di dalam Al Quran, (yang artinya), “Hanya milik Allah-lah Asma-ul husnâ (nama-nama yang maha indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan” (Al-A’raf :180)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menggambarkan kesempurnaan itu dalam sebuah doa beliau, (yang artinya),

“Aku tidak mampu membatasi pujian terhadap-Mu, Engkau adalah sebagaimana (pujian dan sanjungan) yang Engkau peruntukkan bagi diri-Mu” (Hr. Muslim)

Ketika kita mengetahui Asmaul Husna atau keindahan nama-nama serta sifat-sifat-Nya, kitapun akan lebih mengenal Allah. Dan setelah itu, tidak ada yang lain kecuali kita akan lebih mencintai Allah Ta’ala.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Barangsiapa yang mengenal Allah Azza wa Jalla dengan nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan-Nya, maka dia pasti akan mencintai-Nya”

Dan tidak hanya itu, di dunia ini tidak ada satu pun makhluk yang dapat menuliskan dengan tuntas semua bentuk keagungan dan keindahan nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala. Bahkan ketika seluruh pohon digunakan sebagai pena, dan air di lautan dunia ini di gunakan sebagai tinta, lalu keduanya pun habis tak tersisa, Namun tetap saja kemuliaan Allah tetap tidak akan ada habisnya.

Allah Azza wa Jalla telah berfirman (yang artinya), “Katakanlah: Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabbku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula) (al-Kahfi :109)

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allâh. Sesungguhnya Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [Luqman :27]

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Sesungguhnya nama-nama Allah Azza wa Jalla seluruhnya maha indah, tidak ada sama sekali satu nama pun yang tidak menunjukkan kemahaindahan. Telah berlalu penjelasan bahwa di antara nama-nama-Nya ada yang ditetapkan bagi-Nya ditinjau dari perbuatan-Nya, seperti ‘al-Khaliq’ (Maha Pencipta), ‘ar-Razzaq’ (Maha Pemberi rezki), ‘al-Muhyi’ (Maha menghidupkan) dan ‘al-Mumit’ (Maha Mematikan), ini menunjukkan bahwa semua perbuatan-Nya adalah kebaikan semata-mata dan tidak ada keburukan sama sekali padanya…”

Hakikat ketinggian dan keindahan Asmaul Husna adalah jauh di atas apa yang mampu digambarkan oleh siapapun makhluk ciptaan Allah. Karena itu mari kita selalu memohon kepada Allah Azza wa Jalla dengan nama-nama-Nya yang maha indah dan sifat-sifat-Nya yang maha sempurna, agar dia senantiasa menganugerahkan kepada kita hidayah dan taufik-Nya untuk memahami dan mengamalkan kandungan dari sifat-sifat kesempurnaan-Nya.

 


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE