Keutamaan Belajar Dengan Guru | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Keutamaan Belajar Dengan Guru

(DiaryHijaber.com) - Mempelajari ilmu tentang Islam adalah kewajiban bagi setiap mukmin. Karena ilmu adalah bagai pelita yang menerangi kita dari kesesatan dan kebodohan. Tanpa ilmu seseorang dapat terjebak dan tersesat dalam keadaan yang akan menyulitkannya.

 

Dan di era modern seperti sekarang ini, dunia teknologi semakin memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu tentang Islam. Dimana saja dan kapan saja kita bisa memperdalam ilmu kita. Tapi satu hal yang kemudian banyak terlupakan oleh kita. Kadang kita merasa cukup untuk belajar dari buku-buku dan tulisan-tulisan yang beredar di berbagai media, tanpa perlu bimbingan seorang guru.

 

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin pernah menjelaskan, apabila seseorang belajar dari sebuah buku sekaligus dari orang-orang yang berilmu dan yang dapat dipercaya dalam menyampaikan ilmunya secara bersamaan, maka hal ini dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam menuntut ilmu.

 

Secara tidak langsung, beliau menggambarkan bahwa memiliki seorang guru adalah sangat penting, dan hendaknya kita tidak membiarkan diri kita belajar sendiri tanpa bimbingan dari guru.

 

Dengan memiliki seorang guru, maka penuntut ilmu bisa mendapatkan metode yang mudah dalam belajar. Selain itu, ia pun akan lebih cepat paham. Seorang penuntut ilmu jika hanya membaca dan mencoba memahami sesuatu seorang diri, boleh jadi ia akan menemukan istilah-istilah baru yang sulit untuk dipahami dan membutuhkan usaha serta pengulangan yang memakan waktu dan tenaga. Maka dari itu belajar dengan bimbingan seorang guru lebih bermanfaat dan lebih utama daripada belajar sendiri.

 

Hijabers, belajar dari buku, kaset atau rekaman, internet, atau sumber-sumber lain itu boleh dan tetap mempunyai keutama’an. Allah akan memahamkan siapapun yang dikehendaki-Nya melalui media apapun. Namun hanya menyandarkan ilmu dari media-media tersebut tanpa mendatangi guru, sementara kita mampu mendatanginya adalah kerugian yang sangat besar pastinya bagi diri kita sebagai penuntut ilmu karena kita akan melewatkan banyak kemudahan dengan adanya bimbingan seorang guru. Wallahu’alam

 

 

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top