DiaryHijaber
Ketika Masalah Datang Pada Hidup Orang Beriman | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Ketika Masalah Datang Pada Hidup Orang Beriman

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Namun sebenarnya bukan masalah tersebut yang menjadi masalah. Karena pada intinya hidup adalah memang kumpulan masalah yang harus diselesaikan. Dan selesai atau tidaknya masalah tersebut, semua hanya tergantung kepada keimanan dan pola pikir seseorang.

 

Mereka yang beriman pasti punya keyakinan kuat bahwa Robbnya tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan para hambaNya. Selain itu mereka juga yakin bahwa Robbnya pun akan memberikan pertolongan selama mereka juga mau berusaha untuk mengatasi masalah mereka tersebut. Hal ini persis sama dengan yang tertulis di dalam Alquran, (yang artinya) “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’d: 11). Karena itu mereka pun lalu melakukan usaha semaksimal yang mereka mampu untuk keluar dari masalah mereka dan hasil akhirnya mereka serahkan kepada Robbnya.

 

Selain itu pola pikir yang sehat juga sangat penting untuk mereka kedepankan. Bagaimana tidak bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah bersabda, Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya) Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku(Muttafaqun ‘alaih). Hal ini secara tidak langsung mengajarkan kepada mereka bahwa sikap berhuznuzhon kepada Allah dan memiliki sikap roja‘ (harap) pada-Nya itu sangatlah penting dalam menyelesaikan apapun masalah kehidupan mereka.

 

Tak heran bila akhirnya hidup menjadi sangat ringan untuk dilalui oleh mereka yang beriman dan yang selalu menyandarkan hati mereka kepada Allah saja. Merekapun masih bisa menikmati hidup ditengah segala masalah yang datang dalam hidup mereka, karena kehadiran Allah yang mendamaikan diri mereka setiap waktu, dan yang menjamin kebahagiaan bagi mereka.

 

Hijabers, tidak inginkah kita menjadi salah satu dari mereka itu? Jika iya, tetaplah berpikir positif dan jangan pernah takut akan masalah, karena kita tidak sendiri. Ada Allah Ta’ala yang maha kuasa atas segala sesuatu yang akan senantiasa bersama kita apabila kita punya niat baik dan sungguh- sungguh untuk menyelesaikan semua masalah tersebut. Dan jangan takut juga akan masalah karena hanya mereka yang pengecut yang akan lari dari masalah. Masalah harus diselesaikan bagaimanapun akhirnya, karena disana akan banyak pelajaran yang akan kita dapatkan, yang inshaAllah bisa menjadikan kita lebih baik kedepannya.

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top