Ketahui Salat Hajat dan Doa-Doanya | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Ketahui Salat Hajat dan Doa-Doanya

Setiap orang pasti punya keinginan yang ingin diwujudkan. Banyak cara ditempuh, dari mulai yang biasa sampai yang tidak biasa sekalipun. Namun kita sebagai seorang muslim tentu memiliki cara tersendiri untuk memohon kepada Allah yang berkaitan dengan keinginan kita. Salah satunya adalah melalui salat.

 

Dari Abdullah bin Abi Aufa, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), “Barang siapa yang mempunyai kebutuhan kepada Allah atau kepada seseorang dari bani Adam, maka berwudhulah dan perbaikilah wudhunya kemudian shalatlah dua raka’at. Lalu hendaklah ia memuji Allah Ta’ala dan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan mengucapkan (do’a), ‘Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang’.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Dan salat yang dimaksud adalah salat hajat. Sesuai dengan namanya, salat ini didirikan bila kita memiliki hajat yang ingin dikabulkan oleh Allah, yang tentunya tidak bertentangan dengan syariat Islam.

 

Salat hajat tersebut berjumlah dua raka’at seperti salat sunnah lainnya. Waktu pelaksanaan salat hajat tidak ada waktu khusus. Bisa kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan salat.

 

Adapun do’a yang dibaca, adalah sebagai berikut,

“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As`aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

 

Artinya  adalah tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

 

Hijabers, Allah adalah yang sebaik-baik Zat yang layak kita mintai pertolongan dan perlindungan. Karena hanya Allah sajalah yang maha Kuasa dan Maha Perkasa atas segala sesuatu. Karena itu bila kita memiliki keinginan kuat atas sesuatu selama itu tidak bertentangan dengan aturan Allah, maka mari kita dirikan salat hajat, agar keinginan kita tersebut bisa dipermudah dan dilancarkan oleh Allah ta'ala. Aamiin.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top