Kesemuan Dunia dan Seluruh Isinya | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Kesemuan Dunia dan Seluruh Isinya

322 kali dilihat

Setiap orang yang berilmu serta beriman kepada Allah Subhanahu Wata’ala, mereka akan mengerti bahwa kehidupan dunia itu tidak perlu terlalu diambil berat dan dipikirkan berat- berat, kecuali dalam hal ketaataan kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Karena hal ini selaras dengan apa yang telah Allah firmankan di dalam beberapa ayat di dalam Al Quran,

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat iti lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am 32).

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnyanakhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64).

“Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” (QS. Muhammad 36).

“Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak… (QS. Al Hadid 20).

Sebagai akibat, mereka juga tidak gampang galau, gamang, bingung atau silau pada kehidupan dunia yang tidak ada habisnya. Bagi mereka dunia sekedar tepat singgah untuk memperbanyak bekal demi kehidupan abadai nanti di akhirat.

Jika mereka gembira, mereka tidak akan mudah lupa dan hanyut. Dan sebaliknya jika mereka bersedih mereka tahu bahwa semua hanya sekedar cobaan untuk menaikkan derajat mereka saat mereka berhasil melalui semua itu.

Jika mereka mendapatkan kelebihan, mereka bersyukur dan namun tetap menunduk dan tidak sombong. Bagi mereka segalanya adalah berasal dari Allah dan atas ijin Allah, dan bukan karena kerja keras mereka saja. Jika mereka mendapat kekurangan merekapun akan tetap berusaha tanpa harus melanggar aturan Allah.

Karena itulah orang beriman itu tetap selalu damai dalam keadaan apapun hidupnya. Karena hakekat hidup yang utama, yaitu kedekatan kepada Allah, mereka punya. Hati mereka telah dipenuhi oleh satu keimanan itu. Sedang yang lain hanya sekedar hiasan dan aksesoris belaka.

Hijabers, lalu apakah kita juga termasuk salah satu dari mereka?



RELATED ARTICLE