Kerusakan yang Telah Dilakukan oleh Manusia | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Kerusakan yang Telah Dilakukan oleh Manusia

303 kali dilihat

Bumi sebagai tempat tinggal dan tempat hidup para makhluk Allah, telah diberikan untuk kepentingan dan kesejahteraan mereka, khususnya manusia. Gunung-gunung, lembah-lembah, sungai-sungai, lautan, daratan dan lain-lain semua itu diciptakan Allah bisa diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Namun sangat disayangkan, di luar sana masih banyak manusia yang justru malah berbuat kerusakan dengan semua anugrah Allah tersebut. Perlakuan buruk mereka terhadap alam akhirnya banyak menyebabkan bencana seperti tanah longsor, banjir, kekeringan, udara yang kotor, serta air yang tercemar. Hal ini pun telah ditulis didalam Al Quran (yang artinya) “Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perlihatkanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS Ar Rum : 41-42).

Padahal Islam telah mengajarkan agar kita senantiasa menjaga lingkungan, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Selain itu, agar rahmat Allah senantiasa menaungi kehidupan kita.

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al A’raf : 56).

Berbagai kegiatan seperti pembangunan perumahan yang tidak terencana, penebangan pohon dan pembakaran hutan, penambangan pasir di laut, penebangan dan pembakaran Hutan, penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan, eksploitasi sumber daya laut, perburuan liar, perusakan terumbu karang, dan lain-lain hanya akan merusak lingkungan serta menciptakan bencana, yang tak hanya akan merugikan diri manusia itu sendiri, namun banyak makhluk Allah yang lain pun akan ikut menderita.

Karena itu kepedulian kita kepada alam memang harus kita lakukan. Karena memang menjaga alam agar tetap indah dan sehat, adalah salah satu dari tanggung jawab kehidupan kita. Dan kita pun akan dimintai pertanggung jawaban atas semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita ini.

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?” (QS. Qiyamah: 36).

“Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi & (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk & tempat kediaman mereka ialah Jahanam & itulah seburuk-buruk tempat kediaman.” (QS. Ar-Ra’du:18).



RELATED ARTICLE