DiaryHijaber
Kekuatan Sedekah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Kekuatan Sedekah

(DiaryHijaber.com) - Sifat dermawan itu adalah sifat sejati orang muslim. Karena imannya kepada Allah, lalu ia tidak meletakkan kecintaan harta dunia di hatinya. Melainkan hanya keyakinan yang kuat bahwa semua itu adalah anugrah serta titipan dari Allah. Dan yang ada malah kelak ia akan di mintai pertanggung jawaban tentang semua harta tersebut. Karena itu, seorang mukmin sejati akan merajinkan dirinya dengan sedekah. Apalagi amalan sedekah ini menjadi salah satu kriteria sifat manusia yang dicintai oleh Allah Ta’ala, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi)

 

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam adalah orang yang sangat mencintai orang- orang yang tidak mampu. Karena itu beliau menganjurkan kepada kita umatnya untuk selalu bersedekah. Hal ini agar kita jauh dari sifat kikir, kita lebih disayang oleh Allah, dan lebih dicintai oleh manusia. Beliau juga berpesan untuk tidak menahan harta kita, karena Allah pun akan melakukan hal yang serupa kepada kita. Dan Allah sangat mampu untuk melakukan semua itu. Sabda beliau Shalallahu ‘alaihi Wasallam, “Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu. “ (Hr. Bukhari Dan Muslim)

 

Karena itu kawan, jika kita ingin hidup lebih berkah dengan harta kita, mari kita banyak bersedekah kepada yang membutuhkan. Jangan khawatir harta kita akan berkurang. Allah Maha kaya dan Dialah yang memberikan harta kepada kita. Dia yang berjanji bahwa dengan bersedekah justru harta kita akan dilipat gandakan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, Sedekah tidaklah mengurangi harta.(Hr. Muslim)

 

Namun jangan kita lupakan, jangan sampai kita niatkan bersedekah sekedar untuk mendapatkan kepentingan dunia, seperti pujian manusia, harta yang berlipat ganda, dll. Karena dengan begitu akan terhapuslah amal kebaikan kita di akhirat nanti.

 

Allah Subhanahu Wata’ala bersabda, (yang artinya) Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Hud : 15-16)

 

Ibnu ‘Abbas berpesan kepada kita “Barangsiapa yang melakukan amalan  namun hanya ingin mengharapkan dunia, maka balasan dari Allah: “Allah akan memberikan baginya dunia yang dia cari-cari. Namun amalannya akan sia-sia atau hilang di akhirat nanti karena mereka hanya ingin mencari dunia. Di akhirat, mereka juga akan termasuk orang-orang yang merugi”.

 

Semoga Allah selalu membantu kita dalam memurnikan niat kita bersedekah, dan merutinkan kebiasaan baik bersedekah, hanya karenaNya.

 

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top