Karena Umur Kita Nggak Ada Yang Tahu | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Karena Umur Kita Nggak Ada Yang Tahu

457 kali dilihat

Hari ini lagi jaya-jayanya kesuksesan kita. Eh nggak tahunya besok, tiba-tiba ambruk aja gara-gara kena musibah. Nggak lama kemudian, karena saking stressnya akhirya depresi dan beberapa minggu setelahnya kenalah serangan jantung trus mati. Kawan, kita nggak lagi bahas skenario sinetron, ya. Tapi real story yang begini tuh banyak banget diluar sana. Ternyata benar yang orang bilang, kalau umur kita nggak ada yang tahu kapan mau berakhir.

Itulah pelajaran yang sangat berharga yang Allah berikan ke kita. Allah nggak pengen kita terlalu larut dalam dunia yang nggak ada habisnya. Allah pengen kita ingat, kalau kita setiap saat bisa langsung dapat “kejutan” tiba-tiba yaitu “berpindah alam”, dari alam dunia ke alam kubur. Bayangpun aja kalau kita nggak punya jadwal kematian. Kita bisa deh jadi hamba dunia, dan nggak mustahil juga kita akan melakukan segala cara buat numpuk dunia. Secara kan itu bekal buat bertahan hidup.

Tapi untungnya Allah nggak kasih kita dunia ini selamanya. Sebagai akibatnya, kitapun jadi mempertimbangkan kalau hidup nggak cuma melulu nguber materi dunia. dan akhirnya kita  punbisa paham tentang firman Allah ini, (yang artinya),”Sedangkan kehidupan dunia itu adalah kesenangan yang menipu.” (QS:Al-Imran: 185). Karena inilah kita jadi lebih bisa menikmati hal-hal simple yang banyak terlewatkan, gara-gara diburu sama target dunia. Contoh aja, menikmati segarnya udara, ngerasain nyamannya semilir angin, hangatnya ngumpul sama keluarga, bersepeda santai keliling komplek rumah, olahraga santai tanpa ada suara telepon, dan lain sebagainya. Kita juga akhirnya ngerti konsep syukur, yaitu nggak selalu mikir yang “keatas” atau pengen yang lebih terus, dan nggak ada henti. Jiwa kitapun akhirnya jadi lebih damai, lebih tenang, dan pikiran juga makin adem.

Kita nggak tahu kapan jadwal kita mati, itu juga adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah ke kita. Bayangpun kalau kita ngerti kapan jadwal kita mati. Hari-hari kita bakal galau tiap hari gara-gara mikir hari H itu datang. Kita jadi nggak fokus aktivitas, nggak bisa kerja, dan akhirnya nggak buat kemajuan sama sekali. Dan hidup pun bisa jadi sia-sia.

Dari semua itu, kita bisa tahu bahwa ternyata terbukti bahwa setiap apa yang Allah gariskan adalah bentuk kasih sayangnya kepada kita.

Kawan, kita memang nggak tahu kapan jadwal kita mati. Tapi satu yang pasti, bahwa kita pasti mati. Tapi nggak masalah kalau kita mati, karena pun semua yang di dunia juga akan mati. Tapi masalahnya adalah bekal apa yang akan kita bawa setelah kita mati. Karena Rasul udah kasih pesan kalau akan ada kehidupan setelah kematian kita itu. Semua apa yang kita punya akan kita tinggal, dan hanya tersisa amal baik kita aja.  Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), “Tiga perkara yang akan mengantarkan mayit: keluarga, harta, dan amalannya. Dua perkara akan kembali dan satu perkara akan tetap tinggal bersamanya. Yang akan kembali adalah keluarga dan hartanya, sedangkan yang tetap tinggal bersamanya adalah amalannya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Maka mari kita persiapkan menyambut kematian itu, karena jadwal mati nggak ada yang ngerti dan umur kita nggak ada yang tahu.

 

(NayMa)

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE