Jika Anda Bersedih, Cobalah Membaca ini | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Jika Anda Bersedih, Cobalah Membaca ini

Rasa sedih adalah manusiawi dan dimiliki oleh semua manusia. Kita semua yang hidup pasti pernah merasakannya. Jangankan kita sebagai manusia biasa, bahkan Rasulullah SAW pun pernah bersedih, Hijabers.

Salah satunya ketika Beliau sedang menyaksikan salah satunya cucunya yang nafasnya sudah mulai terputus-putus dan hendak meninggal. Air mata Beliau juga menetes karena belas kasih Beliau kepada putra Beliau Ibrahim dan akan meninggal.

Begitulah hidup dunia, memang tidak ada bahagia yang abadi ataupun sedih selamanya. kesenangan dunia dan kesengsaraannya adalah ujian dari Tuhan semesta alam. Apakah kita menjadi hamba yang bersyukur saat diberi nikmat dan sabar saat diberi cobaan, ataukah sebaliknya. Allah ‘azzawajalla berfirman, (yang artinya) "Wahai manusia, Kami akan menguji kalian dengan kesempitan dan kenikmatan, untuk menguji iman kalian. Dan hanya kepada Kamilah kalian akan kembali. (QS. Al-Anbiya: 35).

Rasa sedih, pasti dimiliki semua manusia, Hijabers. Namun akan bagaimana akhir cerita selanjutnya, tergantung dari bagaimana manusia itu sendiri menyikapinya.

Seorang muslim memiliki cara sendiri jika mereka bersedih yang pastinya beda dengan yang lainnya. Mereka tidak bergantung kepada siapapun agar kesedihannya hilang, melainkan hanya sibuk bergantung dan mengadu kepada Allah Subhanahu Wata'ala, seperti yang Nabi Ya’qub lakukan saat lama berpisah dengan putra tercintanya, nabi Yusuf. Sesungguhnya hanya kepada Allah aku mengadukan penderitaan dan kesedihanku. (QS. Yusuf: 86).

Dan sebagai seorang muslim, kita telah diajarka n untuk mengelola rasa sedih itu agar tidak keluar jalur dan berlebih-lebihan. Karena seperti kita tahu bahwa jika rasa sedih itu berlarut-larut yang ada kita akan seperti merusak dan menyiksa diri sendiri.

Allah akan selalu bersama kita dalam apapun keadaan kita. firman Allah ta’ala, Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita. (QS. At-Taubah: 40).

Hijabers, Tidak ada masalah yang tidak akan selesai jika ada Allah. Tidak ada badai yang langgeng, jika ada pertolongan Allah. Tidak ada kesulitan yang tidak terurai jika ada Allah. Dan dia maha kuasa atas segala sesuatu. Karena itu jangan menyerah, jangan pernah berputus asa dalam sesusah susahnya keadaan kita. Mendekatlah terus kepada Allah agar kehidupan kita senantiasa bahagia, walaupun kita dalam keadaan bersedih.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top