Jangan Pernah Menyerah, Walaupun Kita Pernah Gagal | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jangan Pernah Menyerah, Walaupun Kita Pernah Gagal

283 kali dilihat

Yang namanya kegagalan pastilah pernah kita dapatkan. Secara, dunia ini seperti roda yang berputar, kawan. Jadi wajarlah sesekali kalau kita berada di bawah alias dalam posisi gagal. Tapi banyak dari kita yang lalu merasa terpuruk, sedih, marah, depresi bahkan memutuskan buat nggak lagi-lagi mau buat bangkit dan mencoba sekali lagi.

Padahal Allah kasih kegagalan itu nggak cuma sekedar menghukum kita trus udah. Tapi dari kegagalan kita bisa banyak belajar tentang cara perbaikan. Selain itu, justru dari kegagalan itu kita bisa belajar menjadi lebih kuat. Walaupun emang sih, saat kita berada di momen gagal tersebut rasanya pahit banget, kawan. Tapi seperti pahitnya segelas jamu, kegagalan itu justru bisa menyehatkan kita, loh.

Tapi juga nih satu catatan ya kawan, hal itu cuma berlaku bagi mereka yang mau belajar atau mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut. Secara kan ada juga orang yang “bandel” dan nggak mau belajar dari kegagalannya yang dulu, alias emang udah hobi dengan yang namanya gagal.  

Orang yang pernah gagal dalam sesuatu hal, biasanya akan lebih hati-hati mengambil langkah selanjutnya. Mereka juga buat pertimbangan yang lebih matang, strategi yang lebih baik, serta cara yang lebih dan lebih pas dari sebelumnya. Karena setiap orang pada dasarnya nggak mau sampai mengalami kegagalan buat yang kedua, ketiga, atau kesekian kalinya.

Karena itu nggak heran kalau orang yang pernah gagal tapi mau bangkit dan mencoba lagi, akhirnya justru lebih gampang menjadi besar dari sebelumnya. Karena mereka udah punya guru yang hebat yaitu pengalaman mereka, sekaligus semangat yang lebih besar dari sebelumnya. Dan hal yang begini udah banyak kejadian sama orang-orang yang “besar” diluar sana, kawan.

Karena itu jangan gampang nyerah saat kita ngalami kegagalan. Semua up and down di dunia ini wajar aja, kok. Tapi yang nggak wajar justru adalah saat kita nyerah dan nggak mau bangkit buat coba lagi, dan melakukan yang terbaik yang kita bisa, padahal kita bisa.

Kawan, jangan pernah berhenti sebelum kita sukses dan dapat apa yang kita impikan. Karena di kehidupan kita yang sekali ini kita kudu jadi pemenang, atau kita hanya akan menggelari diri kita sebagai pecundang. Jadilah pahlawan keberhasilan buat diri kita sendiri. Buat diri kita sendiri bangga dengan keberhasilan kita. Salah satu langkah kecilnya adalah dengan bangkit sekali lagi, walaupun kita dulu pernah gagal.

Jadi tetap semangat ya, kawan! Dan jangan lupa selalu juga sertakan Allah dalam langkah perbaikan kita menuju sukses setelah dulu kita gagal. Karena hanya Dia yang Maha Kuasa dan yang Maha penolong kita. Dia juga satu-satunya yang selalu mengasihi kita dan yang paling dekat pertolongannya untuk kita, seperti firmanNya di dalam Al Quran, (yang artinya), “…Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat” (Q.S Al – Baqarah : 214)

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE