Jadi Pengusaha Muda, Kenapa Nggak?? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Jadi Pengusaha Muda, Kenapa Nggak??

(Diaryhijaber.com) - 

Surti  : "Jo, gue pengen buka usaha nih. Tapi gue nggak ada modal"
Tedjo : "Modal dengkul doang...??"
Surti  : "Ho oh.."
Tedjo : "Sur, dengkul lo gue beli 200 juta satunya boleh nggak??"
Surti  : "Hahahahaaa, Apaan sih loo??!!??"
Tedjo : "Lah, serius gue... boleh nggak???"
Surti  : "Ogah... !!"
Tedjo : "Lah berarti dengan 2 dengkul, harusnya lo dah punya modal 400 juta dong??"

:) :)

Gaes, umur kita emang masih muda. Tapi nggak ada salahnya kalo kita lebih dewasa di umur kita itu sekarang. Umur kita emang masih muda, tapi bukan berarti ada aturan yang sukses ngelarang kita buat jadi orang sukses kaan??

Malah judulnya dengan umur yang masih muda kita akan lebih banyak waktu buat cari pengalaman dan ngerintis usaha. Biar akhirnya bisa bener jadi pengusaha dimasa depan. Waah asik nggak tuh??

Tapi sayang banyak dari kita yang ngalamin kaya Surti itu tuh. Kita ngebuat syarat dulu buat bisa buka usaha dan ngeraih sukses. Kudu ada modal lah, kudu jadi orang tajir dulu lah, kudu ini lah itulah....

Padahal kaya' dibilang tejo itu juga, modal dengkul alias kagak pake modal pun bisa. Asal kita mau. Malah nih kalo di itung itung, dengan 2 dengkul plus satu otak, yaitu modal geratis tis dari Allah itu, inshaallah materi dan kesuksesan bisa kita dapat. Caranya?? Tergantung di diri kita sendiri lah say. Tergantung gimana kita ngolah dan manfaatin diri kita dulu ajah kali'. Dari pada pusing mikirin modal yang nggak ada. Ntar malah nggak mulai mulai juga itu usaha. Ya nggak sih???

Rasulullah SAW dulu juga dilahirkan dalam keadaan yatim piatu. Beliau nggak dapat warisan dari ortunya. Tapi liat, karena kegigihan beliau berdagang, pas usia 17 taun aja, beliau udah mampu mimpin khalifah dagang ampe ke luar negeri. Nggak heran, karena itu reputasi beliau  jadi cemerlang banget. Rasulullah sangat dikenal ampe Syam, Yaman, Yordania, Irak, dan kota perdagangan lain. Tercatat udah 17 negara yang pernah dikunjungi di ekspedisi perdagangan itu. Wuh Kereeeennn.....!!

Asli', jadi pengusaha itu pilihan yang  asik gaes, dan ngebentuk diri kita lebih istimewa. Nggak cuma berkutat masalah modal, tapi kita juga belajar caranya mandiri ngolah diri buat mecahin banyak masalah kita. Kita juga belajar jujur, karena kalo nggak jujur, yawdah konsumen bakal males ama kita. Kita belajar komitmen dan amanah juga. Nah ini nih yang susah buat anak muda seumuran kita. Kita belajar fokus, ato kalo nggak usaha kita bubar ditengah jalan. Kita belajar tanggung jawab, ato usaha kita slesei, cukup sekian dan terimakasih. Kita belajar teliti dalam banyak hal. Kita belajar menghargai banyak hal juga, mulai dari waktu, hubungan baik, nama baik, kepercayaan, dll dsb. Kita juga blajar nggak boros. Secara tuh kadang penyakitnya anak muda kaya' kita nih. Kita belajar sabaar dan ramah. Gimana nggak gaes, pembeli adalah raja, pemirsa. Kalo kitanya judes, kaku dan nggak friendly, maen ngibrit aja mereka deh tuh. Nggak laku tar barang kita. Trus kita sendiri yang rugi buuu. Ya nggak???. Kita juga belajar kreatip, karena dunia usaha berubah setiap waktu. Kita kudu update ato kudu rela dilabelin "Kuno". Kita belajar ulet, belajar kuat, belajar nggak gampang nyerah, belajar fight bener bener buat impian kita, belajar nggak gegabah alias penuh perhitungan dalam ngambil keputusan, dll, dsb....

Akhirnya, saat kita diusia matang, kita tinggal asik asik nikmatin hasilnya. Saat temen temen sibuk nyari kerja, kita sibuk cari karyawan. Saat yang laen pada baru mulai, kita udah jauuh didepan. Wahhh asik nggak tuh????? 

Asik doong  pastinya. Karena selain lebih matang, lebih dewasa dan lebih banting, dan lebih lebih yang lainnya. Kualitas kitapun jadi lebih oke pastinya. So, masih ragu buat ngerintis usaha  mulai sekarang dan menjadi pengusaha muda??? :)


(NayMa/ diaryhijaber.com) 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top