Istri Sholihah Itu... | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Istri Sholihah Itu...

271 kali dilihat

Mereka nggak selalunya terlahir dengan kecantikan paripurna. Mata lentik, kulit putih, badan semampai, dan yang lain-lainnya. Tapi mereka memiliki sebuah kebisaan yang nggak bisa dimiliki yang lain, yaitu keunikan. Nggak cuma itu saja, mereka juga memiliki kemauan kuat untuk meleburkan diri mereka dalam iman untuk tunduk dan patuh kepada Robbnya. Mereka itulah ratu para bidadari disurga kelak. Merekalah para istri yang sholihah.

Mereka nggak gampang terlena dan silau dengan pernak pernik dunia. Semua diukur bukan tentang senang atau tidaknya mereka, tetapi lebih kepada “apakah Allah ridho kepadanya, dan apakah suami mereka rela kepadanya?”

Mereka selalu menyibukkan diri dalam ibadah. Nggak hanya masalah sholat, puasa, zakat dan haji saja yang mereka sebut ibadah. Bahkan mengurus rumah tanggapun mereka maknai dan niatkan sebagai ibadah. Maka nggak heran, bila bagaimanapun pandangan orang dan atau lelah yang mereka rasa, keluhan itu jarang menjangkiti dirinya.

Mereka mau mengurus rumah tangga, berikut kepentingan anak dan suaminya. Walaupun kadang mereka memiliki pekerjaan tersendiri. Tapi mereka tetap nggak melupakan apa kewajiban sesungguhnya dia sebagai seorang istri.

Lihatlah rumahnya, siapapun yang masuk kedalamnya akan merasa betah dan berkata “wow”. Nggak selalunya karena isinya begitu “wow” alias mewah, tapi dia memiliki kepintaran tersendiri dalam mengatur interior didalamnya, sehingga terlihat indah, rapi dan menarik. Hal ini juga yang membuat suaminya selalu betah dirumah. Secara, rumahnya akhirnya menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat  dan melepas lelah setelah seharian beraktivitas.

Lihatlah keadaan anak-anaknya, mereka begitu terawat sehat, bersih dan pandai. Dengan sepenuh hati dia sebagai ibu merawat mereka. Nggak hanya kebutuhan fisik mereka, tapi dia juga mampu mengatur waktu untuk mengajarkan kepada anak-anaknya tentang ilmu dunia dan ilmu agama. Dia yakin dengan pasti bahwa kebaikan dan kesholehan pada diri anak adalah ibarat investasi yang akan selamanya memberikan kebaikan kepada dirinya selaku orang tua.

Istri sholihah itu senantiasa menghargai dan menghormati suaminya dalam keadaan bagaimanapun suaminya itu. Walaupun memang ada diantara para suami yang dijadikan oleh Allah sebagai ujian kesabaran bagi mereka sebagai istrinya, tapi walaupun berat mereka tetap melakukannnya karena ketaatan mereka kepada Allah Ta’ala.

Ketika dia memiliki penghasilan sendiripun, dan pekerjaan yang mapanpun, dia tetap merasa tempatnya adalah dibawah suaminya, imam dirumahnya. Dia nggak lalu semena-mena atau berubah menjadi seorang wanita bos yang bisa merendahkan atau memerintah suaminya kapanpun dia mau. Rasa penghargaan tetap ada padanya karena memang begitulah yang diperintahkan oleh Robbnya dan diapun lalu mengikutinya.

Kalau dilihat seakan-akan semua kegiatan rumah, dan kebahagiaan orang-orang di dalamnya bergantung padanya. Tapi sebenarnya tidak juga. Tapi memang nggak bisa dipungkiri bahwa keberadaannya sebagai seorang ibu adalah bisa banget jadi sumber kebahagiaan dan kedamaian, nggak hanya bagi suaminya tapi juga bagi anak-anak mereka. Dan itu benar banget terjadi di dunia nyata.

Begitu indahnya dunia karena wanita sholihah. Begitu cantiknya rumah tangga kerena wanita sholihah. Begitu damainya dunia karena wanita sholihah. Lalu apakah kamu adalah satu dari para istri sholihah itu, kawan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE