Intip Yuk Apa Kata Hadist Dalam Memilih Pertemanan | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Intip Yuk Apa Kata Hadist Dalam Memilih Pertemanan

736 kali dilihat

“Temanmu, harimaumu” mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan keputusan kita dalam memilih seorang teman. Jika dia baik, maka kita akan tertular kebaikannya. Dan sebaliknya, jika dia jahat dan atau memiliki akhlak yang buruk, maka lambat laun kita pun akan ikut menjadi seperti dia.

Pilih-pilih dalam berteman memang tidak boleh, tapi memilah siapa yang akan menjadi teman kita adalah sebuah keharusan. Karena kebiasaan kita pastinya akan kerap menghabiskan waktu bersama, maka kita satu sama lain akan saling mewarnai.

Hijabers, setiap teman kita memiliki latar belakang keluarga sendiri, pola asuh dari orang tua yang mungkin berbeda dengan kita. Dia juga punya bakat dan kebiasaan tersendiri. Kita harus pandai mempertimbangkan bagus dan tidaknya pengaruh dari semua itu untuk diri kita. Hal ini sama sekali tidak dilarang, bahkan oleh Rasulullah SAW teladan kita yang mulia menganjurkan kita untuk itu.

Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya." (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Dari Anas, dia menuturkan, Rasulullah SAW bersabda, Dan perumpamaan teman duduk yang baik itu bagaikan penjual minyak wangi kasturi, jika minyak kasturi itu tidak mengenaimu, maka kamu akan mencium bau wanginya. Dan perumpamaan teman duduk yang jelek adalah seperti tukang pandai besi, jika kamu tidak kena arangnya (percikannya), maka kamu akan terkena asapnya.” (HR. Abu Dawud)

Hijabers, kenali siapa teman kita. Kenali bagaimana dia membawa pengaruh buat kita. Jika dia ternyata membawa pengaruh buruk dan atau malah menjerumuskan kita, segera sadari dan tinggalkan. Cobalah untuk tegas pada diri sendiri. Dan jangan kawatir, masih banyak didunia ini teman yang membawa kebaikan dan membaikkan diri kita. Paling tidak, tidak akan membawa penyesalan dimasa depan nanti bagi diri kita, seperti yang telah digambarkan Al-Quran berikut ini,

Dan ingatlah ketika orang-orang zalim menggigit kedua tanganya seraya berkata : “Kiranya aku dulu mengambil jalan bersama Rasul. Kecelakaan besar bagiku. Kiranya dulu aku tidak mengambil fulan sebagai teman akrabku. Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Qur’an sesudah Al Qur’an itu datang kepadaku. Dan setan itu tidak mau menolong manusia(Al Furqan:27-29)

Hidup kita hanya sekali, dan jangan sampai kita salah membuat pilihan, salah satunya dengan memilih teman yang tepat, dan yang mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahuwata’ala.

Ibnu Qudamah Al Maqdisi rahimahullah berkata,

Secara umum, hendaknya orang yang engkau pilih menjadi sahabat memiliki lima sifat berikut : orang yang berakal, memiliki akhlak yang baik, bukan orang fasik, bukan ahli bid’ah, dan bukan orang yang rakus dengan dunia

Kemudian beliau menjelaskan : “Akal merupakan modal utama. Tidak adakebaikan berteman dengan orang yang bodoh. Karena orang yang bodoh, dia inginmenolongmu tapi justru dia malah mencelakakanmu. Yang dimaksud dengan orangyang berakal adalah orang yang memamahai segala sesuatu sesuai denganhakekatnya, baik dirinya sendiri atau tatkala dia menjelaskan kepada orang ain.Teman yang baik juga harus memiliki akhlak yang mulia. Karena betapa banyakorang yang berakal dikuasai oleh rasa marah dan tunduk pada hawa nafsunya,sehingga tidak ada kebaikan berteman dengannya. Sedangkan orang yang fasik, diatidak memiliki rasa takut kepada Allah. Orang yang tidak mempunyai rasa takutkepada Allah, tidak dapat dipercaya dan engkau tidak aman dari tipu dayanya.Sedangkan berteman denagn ahli bid’ah, dikhawatirkan dia akan mempengaruhimudengan kejelekan bid’ahnya


Kenali siapa dan bagaimana teman kita, Hijabers. Jangan hanya karena kita senang bergaul, tapi pastikan bahwa dia juga membawa kita dalam kebaikan dan memberi semangat dan nilai yang positif dalam hidup kita. Dan semoga Allah melindungi kita semua dari memiliki teman yang buruk yang akan memburukkan hidup kita.  

 

 

 

 






Writer :Ratna P Sari

Editor : BL




RELATED ARTICLE