Inilah Tata Cara Mandi Junub | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Inilah Tata Cara Mandi Junub

Bagi yang sudah berumah tangga atau punya suami, memang udah jadi kewajiban kita untuk banyak belajar tentang aturan yang berkaitan dengan hal suami istri. Salah satunya adalah tentang tata cara mandi junub. Buat hal yang satu ini, kita harus banyak-banyak berterimakasih pada para istri Nabi. Karena lewat jasa merekalah kita bisa mengerti tentang tata cara mandi junub yang benar menurut beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan tata cara itu diungkapkan, salah satunya yang berasal dari Aisyah radhiallahu ‘anhuma dan Maimunah radhiallahu ‘anhuma.

 

Dari Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa “Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh badannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dari Ibnu Abbas, bahwa Maimunah mengatakan, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu beliau menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Selanjutnya, beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua kakinya (di tempat yang berbeda).” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Berdasarkan dari dua hadist diatas kawan, kita bisa tahu tentang urutan tata cara mandi junub, yaitu sebagai berikut:

  1. Menuangkan air dan cuci kedua tangan
  2. Menuangkan air dari tangan kanan ke tangan kiri, untuk mencuci kemaluan
  3. Menggosokkan tangan kiri dengan tanah, tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran kemaluan yang ada di tangan kita. Ini bisa kita ganti dengan sabun
  4. Berkumur dan menghirup air ke dalam hidung, kemudian dilanjutkan dengan berwudhu, namun tidak sampai mencuci kaki. Karena bagian ini diakhirkan.
  5. Membasahi rambut, sela-sela pangkal rambut dan pastikan seluruh kepala dan rambut kita basah.
  6. Siramkan air pada kepala kita sebanyak 3 kali, dilanjutkan dengan menyiram seluruh anggota badan.
  7. Mengguyur air ke seluruh badan dengan mendahulukan yang kanan.
  8. Bergeser dari posisi semula, lalu mencuci kedua kaki, dan pastikan seluruh kaki kita basah.

 

Demikian sedikit ulasan tentang tata cara mandi junub menurut yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan bagi kita.

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top