Inilah Alasan Mengapa Kita Kudu Bahagia Punya Anak Perempuan | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Inilah Alasan Mengapa Kita Kudu Bahagia Punya Anak Perempuan

492 kali dilihat

Semua yang udah menikah pasti mendambakan punya keturunan yang sholih atau sholihah, yang sehat dan lucu-lucu. Selain menambah kehangatan keluarga, kehadiran mereka juga bisa jadi “investasi” yang paling berharga di seumur hidup orang tua tersebut. Hal ini nggak hanya berlaku di dunia aja, tapi juga sampai di akhirat nanti.

Ada yang bilang, bahwa jika seseorang memiliki anak laki-laki, maka kebanggaan yang dimiliki oleh orang tua akan terasa lebih dari pada ketika mereka mendapatkan anak perempuan. Hal ini tentu saja nggak benar, karena anak adalah titipan dan karunia dari Allah  yang tak terhingga. Dan Allah adalah yang paling tahu yang terbaik bagi kita, untuk diberikan anak laki-laki atau yang perempuan. Allah Ta’ala berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), “Milik Allah lah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki. Atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki.  Dia Maha Mengetahui, Maha Kuasa” (Qs. Asy-Syura: 49-50)

Dengan memiliki anak perempuan, kitapun bisa meraih pahala yang besar dari Allah. Hal ini akan terjadi bila kita bisa mendidiknya dengan baik sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengasuh dua anak wanita hingga keduanya baligh, maka ia akan datang pada hari Kiamat, aku dan dia seperti ini (beliau menyatukan dua jarinya)”. (Hr. Muslim).

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata  (artinya). ‘Seorang wanita datang menemuiku dengan membawa dua putrinya sambil meminta, ia tidak dapati padaku selain sebuah kurma saja, lalu aku memberikan kurma tersebut kepadanya, ia pun membagikannya kepada dua putrinya sedang ia sendiri tidak makan sedikitpun, kemudian ibu itu bangkit lalu keluar, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui kami, dan akupun memberitahukan hal tersebut kepada beliau, maka beliau bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan, lalu ia berbuat baik kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka" ‘ . (Hr. Bukhari Muslim).

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (artinya): “Barangsiapa yang memiliki tiga anak perempuan, ia mengasuh mereka (dalam rumahnya), mencukupi mereka, dan menyayangi mereka maka tentu telah wajib baginya surga”. Maka ada salah seorang dari kaum berkata, “Kalau dua anak perempuan Ya Rasulullah?”. Nabi berkata, “Dua anak perempuan juga” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain ada tambahan, “Sampai-sampai kami menyangka kalau ada orang yang berkata, “Kalau satu anak perempuan?”, maka tentu Nabi akan menjawab (artinya), “Satu anak perempuan juga”.

Dari Uqbah bin ‘Amir dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda  (artinya) “Barangsiapa memiliki tiga anak perempuan, lalu ia bersabar terhadap mereka, ia beri makan mereka, ia beri minum mereka dan ia beri pakaian kepada mereka dari kecukupannya,, niscaya mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka pada hari kiamat”.  (HR Ibnu Majah)

Belajar dari banyak pesan mulia yang disampaikan oleh tauladan kita diatas tadi, maka jika kita serius mendambakan surga, jangan sia-siakan kesempatan buat menjadikan anak perempuan kita seorang wanita yang taat pada Robb-nya. Kita didik mereka dengan baik, yang sesuai dengan apa yang Allah inginkan. Sehingga akhirnya merekapun menjadi pribadi yang sholihah, dan InshaAllah pahala besar akan berlaku buat diri kita. Aamiin.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE