DiaryHijaber
Hikmah Segala Sesuatu Diciptakan Berpasang- Pasangan | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Hikmah Segala Sesuatu Diciptakan Berpasang- Pasangan

(DiaryHijaber.com) - Maha suci Allah yang dengan sempurna mengatur kehidupan makhlukNya serta selalu memeliharanya didalam kebaikan. Salah satunya adalah dengan menciptakan pasangan dari segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Allah ta’ala berfirman, (yang artinya),

 

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyat: 59)

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa-apa yang mereka tidak ketahui." (QS Yasin: 36).

 

Hijabers, dari ayat diatas kita bisa mengetahui bahwa makhluk yang diciptakan Allah secara berpasangan tidak hanya manusia, tetapi juga seluruh jenis makhluk. Sebagai contoh, hewanpun ada yang jantan dan ada yang betina. Tak hanya itu, tumbuhan juga sama, ada yang jantan dan betina, bahkan sampai pada benda pun, ada yang hidup dan yang mati, dan seterusnya.

 

Hal ini pun telah dibuktikan kebenarannya oleh seorang peneliti modern. Adalah Paul Dirac, seorang ilmuwan asal Inggris yang akhirnya menerima Nobel karena sebuah penemuannya yang dia namakan sebagai "Parite", dimana dalam penemuan itu menyebutkan bahwa seluruh benda yang ada di alam semesta sampai partikel terkecil yang tak terlihat oleh kasat mata, ternyata mempunyai pasangannya.

 

Maka, benarlah apa yang tertulis didalam Alquran sebagai firman dari Allah Ta’ala, tuhan semesta alam. "Alif Laam Miim, Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa." ( QS. Al-Baqarah 2: 1-2)

 

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan kepada kita, bahwa “Setiap makhluk itu berpasang-pasangan. Ada matahari dan bumi. Ada malam dan ada siang. Ada matahari dan ada rembulan. Ada daratan dan ada lautan. Ada terang dan ada gelap. Ada iman dan ada kafir. Ada kematian dan ada kehidupan. Ada kesengsaraan dan ada kebahagiaan. Ada surga dan ada neraka. Sampai pada hewan pun terdapat demikian. Ada juga jin dan ada manusia. Ada laki-laki dan ada perempuan. Ada pula berpasang-pasangan pada tanaman.”

 

Ibnu Katsir melanjutkan, “Oleh karena itu Allah menyatakan ‘supaya Kami mengingat kebesaran Allah’, yaitu supaya kalian mengetahui bahwa Pencipta itu semua hanya satu, Dia tidak bersekutu dalam hal itu.”

 

Maha Perkasa Allah atas segala sesuatu, Dan Maha Benar Dia dengan segala firmanNya.

 


 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top