Gimana Sih Caranya Agar Kita Lebih Pintar? | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Gimana Sih Caranya Agar Kita Lebih Pintar?

481 kali dilihat

Siapa sih yang nggak senang menjadi pintar dalam banyak hal? Semua orang pasti berharap bisa menjadi yang seperti itu. Karena kalau satu hal tersebut absen dari hidup kita, maka tampilan fisik yang menarik seperti apapun akan tetap dirasa kurang. Dan untuk mendapatkan kepintaran itu sendiri, nggak bisa langsung dalam sekejab mata loh, kawan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, dan itupun harus tetap dengan kontinyu, alias rutin dilakukan. Salah satunya adalah seperti dibawah ini,

1. Membiasakan diri untuk membaca

Dengan banyak membaca kita bisa ngerti banyak hal. Kita juga akan sering ”senam otak” karena ketika kita membaca, Maka otomatis kita juga belajar memahami apa isi bacaan dari yang kita baca tersebut.

Masih ingatkah kita kawan tentang kisah Rasulullah Shalalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, ketika pertama kali ketemu dengan malaikat Jibril? Bahkan beliau juga diperintahkan untuk membaca ayat-ayat Allah. Hal ini memberikan contoh kepada kita tentang pentingnya membaca untuk menambah pengetahuan, dan mengasah otak kita agar kita bisa jadi lebih pintar karena dengan itu otomatis kita akan lebih tahu banyak hal dan lebih mumpuni dalam hal ilmu, agar tidak tersesat dalam hidup kita.  

2. Melakukan olahraga yang mengasah otak kita

Olah raga adalah juga hal yang perlu kita lakukan agar kita menjadi lebih pintar. Karena dengan badan yang sehat, semangatpun akhirnya gampang buat di munculkan. Dengan begitu otak kitapun juga akan lebih segar untuk melakukan pekerjaannya. Dahulu Rasulullah Shalalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah berpesan kepada kita agar melakukan olahraga memanah dan berkuda. Kedua hal itu adalah untuk melatih fokus kita. Jika hal ini rutin kita lakukan, maka otakpun juga akan terasah, sehingga kepintaran itu nggak mustahil buat kita dapatkan.

3. Keluar dari zona nyaman

Zona nyaman kadang menjadikan kita malas dan kurang berkembang. Apaagi kalau kita malah memutuskan untuk berlama-lama disana. Bisa-bisa otakpun akan terasa “tumpul” karena terlalu banyak santai dan manja. Karena itulah kawan, kadang menantang diri agar kita keluar dari zona nyaman kita itu penting. Dengan tantangan baru dan situasi yang baru, otak kitapun akan terbiasa untuk berpikir dan terasah kembali sehingga kita bisa menjadi lebih pintar.

4. Bergaul dengan orang yang pintar

Siapa yang bergaul dengan penjual minyak wangi, maka sedikit banyak akan tertular wanginya, dan sebaliknya. Itulah kiasan yang menggambarkan kalau teman yang kita pilih akan sangat memberi pengaruh kepada kita. Karena itu, memilih teman-teman yang berilmu, cerdas dan berpengetahuan itu sangat penting. Selain bisa memunculkan sifat ingin terus belajar dalam diri kita, maka kitapun juga akan lebih banyak tahu tentang banyak cara pandang, pola pikir serta ilmu baru yang mereka miliki. Dengan begitu kitapun akan lebih berkembang dan lebih baik lagi dalam soal pengetahuan.

5. Mengistirahatkan otak

Ternyata nggak cuma tubuh kita yang butuh istirahat. Bahkan otak kitapun perlu juga untuk  diberi jeda sebentar. Dan cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita adalah dengan tidur. Dengan mengistirahatkan otak juga dapat mengembalikan kemampuan otak seperti awalnya sehingga ketika kita bangun, kita akan merasa lebih segar dan siap untuk berpikir lagi.

6. Mengaplikasikan ilmu yang telah Anda pelajari

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk mengajarkan kembali ilmu yang telah kita peroleh. Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Dan salah satu hikmah dari hadist tersebut adalah ketika kita menyampaikan kepada orang lain tentang sebuah ilmu, maka ilmu tersebut justru akan lebih kita ingat dan melekat kuat dalam otak kita lebih lama. Dan cara seperti ini ternyata cukup efektif untuk terus mengembangkan kemampuan otak kita.

7. Banyak mengonsumsi makanan yang menyehatkan

Hal yang satu ini tidak bisa kita hindari jika kita ingin menjadi lebih pintar. Asupan gizi yang baik akan memberikan pengaruh kecerdasan yang baik pula untuk kita, karena makanan tersebut akan menunjang tumbuh kembang otak kita. Maka jangan sepelekan menu makanan kita sehari-hari kawan, jika kita ingin menjadi lebih pintar dan cerndas.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE