DiaryHijaber
Gara-Gara Ini Biasanya Kuliah Nggak Kelar-Kelar | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Gara-Gara Ini Biasanya Kuliah Nggak Kelar-Kelar

Kita langsung ke poinnya aja ya? Ada beberapa alasan kenapa kuliah kita akhirnya nggak selesai-selesai, pemirsa. Diantaranya adalah seperti dibawah ini,

  1. Nggak niat kuliah

Mungkin ada dari kamu yang kuliah tapi sebenarnya nggak niat kuliah. Alasannya sih macam-macam. Dari mulai sekedar nyenengin ortu, sampai iseng ajah ngabisin umur. Akhirnya baru sehari masuk, dia udah ngimpi aja “kapan ya gue mau wisuda”. Padahal hari-hari selanjutnya jarang masuk kuliah gara-gara emang nggak ada mood. Sekalinya masuk, cuma mau bilang ama temen kalau nitip absen. Hee... hayo ngaku siapa ya yang suka begitu? *pengakuan dosa

  1. Salah pilih jurusan

Awalnya jurusan yang dipilih pertambangan, padahal jiwanya dia kebidanan.  Maka jadilah pas praktek ngebor minyak, eh yang keluar air ketuban. Hee... *ok skip. Masalah salah milih jurusan ini biasanya datang gara-gara dia nggak benar-benar ngerti dan kenal siapa dirinya sendiri, serta apa minat dan bakat yang dia punyai. Akhirnya dia seperti “terjebak” dalam sebuah keadaan yang nggak disukanya, tapi mau mundur lagi nggak bisa. Karena kalau dipikir lagi, pastilah bakal rugi waktu, rugi dana dan lain-lainnya. akhirnya karena nggak fokus dan nggak mood inilah, kuliahpun jadi lebih lama finishnya.

  1. Berantakan itu indah

Siapapun orangnya pasti bilang kalau berantakan itu nggak banget. Tapi hal ini nggak berlaku buat mereka penganut aliran berantakan itu sendiri. Walaupun mungkin mereka sampai repot banget gara-gara hidupnya berantakan ini, tapi toh mereka tetap membiarkan semua berantakan. Maka hal itu seperti sama aja mereka menikmati bukan?. Contoh aja, mahasiswa yang pengaturan waktunya berantakan, yang kamarnya berantakan, jadwal kuliah berantakan, sampai IPKnya pun berantakan, tapi mereka tetap nggak mau move on dari keadaan itu. Alhasil, makin lamalah durasi kuliah yang harus dia tempuh saat itu.

  1. Udah asyik dengan kebebasan yang dipunyai

Anak kuliah kebanyakan pada kos kan? Nah biasanya karena merasa punya waktu banyak, bebas juga dari pengawasan ortu, akhirnya jadilah aturan dia sendiri yang kejadian di hidupnya. Kalau itu baik sih oke aja, masalahnya kalau itu berarti lepas kontrol semuanya, akhirnya ini bisa membuat dia susah buat lulus kuliah. Secara, yang berantakan bikin nggak fokus itu udah pasti. Dan nggak fokus kuliah bikin IPK seadanya doang. Akhirnya, ngulang lagi di semester berikutnya, dan jadi nambah lama lah kuliahnya.

  1. Ikut Organisasi berlebihan

Ada loh, mahasiswa yang ternyata lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, diskusi, dan atau gabung dengan ormas tertentu dari pada fokus belajar. Dan sebagai konsekuensinya, kesibukan ini membuat fokus dia terbagi, selain juga menghabiskan uang, tenaga, waktu dan pikiran. Dan selanjutnya bisa ditebak deh kuliah jadi terabaikan dan bukan prioritas utamanya lagi.

  1. Sibuk menekuni hobi

Mahasiswa juga banyak yang punya hobi atau kesukaan sendiri, seperti main game, ngenet, Futsal, dll. Tapi sayangnya, saking asyiknya dia menggeluti hobinya ini tiap hari, jadi banyak kelewatlah hal-hal penting yang berhubungan dengan kuliahnya, seperti ngerjain tugas, nyiapin materi presentasi, dan lain sebagainya. Apalagi kalau hobi itu udah bisa menghasilkan uang, wah bisa-bisa yang begitu bikin dia galau tuh buat meluangkan waktu buat yang mana dulu. Nah, hal-hal yang inilah juga yang bisa dengan sukses menghambat kuliah biar cepat selesai.

  1. Skripsi

Hmm, you know what I mean lah kalau soal yang satu ini. Jabarin aja sendiri aja ya. Hee...

Nah kawan, kurang lebih itu tadi beberapa hal yang bisa bikin Kuliah kita nggak kelar-kelar juga. Sayang banget pastinya kalau kita tetap di keadaan seperti ini. Akhirnya sih balik-balik lagi ke gimana cara kita menata diri. Secara, kuliah yang nggak kelar itu bikin beban sendiri di kita loh kalau nggak diselesaikan. Pertanyaannya, ngapain juga nyiksa diri begitu, ya nggak sih? Mending kita bersusah-susah dulu bersenang-senang kemudian.

Lagipula, kuliah bukan nggak cuma kita datang, belajar, ngumpulin tugas, presentasi depan dosen, trus dia akhir tahun dapat IPK bagus atau nggak. Semua adalah tentang tanggung jawab dan amanah  kita ke Allah dan orang tua. Dan Allah memerintahkan kita untuk selalu jaga amanah dengan baik. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui” (QS: Al-Anfaal: 27)

Jadi cukuplah ini jadi pemicu kita buat secepatnya menyelesaikan amanah kuliah kita, kawan. Agar Allah nambah sayang sama kita, orang tua makin bangga dengan kita, dan kitapun nggak berakhir menjadi mahasiswa veteran. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE