Dosa yang Tidak Akan Diampuni Allah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Dosa yang Tidak Akan Diampuni Allah

415 kali dilihat

Allah Subhanahu Wata’ala adalah satu- satunya Zat yang sangat maha pengasih dan penyayang kepada kita. Dia mengabulkan segala doa kita, serta malah murka bila kita tidak rajin meminta. Dia mengampuni segala dosa kita yang seluas langit dan bumi, kecuali hanya satu yaitu apabila kita berbuat syirik. Allah berfirman didalam Al Quran, (yang artinya),  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

Berkaitan dengan hal ini Ibnu Katsir menjelaskan bahwa syirik adalah, jika kita yakin adanya penguasa langit selain Allah, atau yakin bila penguasa langit adalah berserikat antara Allah dan makhluk, atau Allah itu punya penolong dalam penciptaan alam semesta ini. Syirik juga adalah ketika kita sujud kepada selain Allah, bernadzar kepada selain Allah, menyembelih tumbal untuk dipersembahkan kepada selain Allah. Syirik juga adalah ketika kita beribadah hanya demi pujian manusia atau riya’. Syirik juga bila kita yakin bila ada yang semisal Allah dalam nama dan sifat, atau mengatakan bahwa menetapnya Allah di atas ‘Arsy seperti menetapnya makhluk di atas ranjang, atau mengatakan bahwa turunnya Allah ke langit dunia seperti turunnya makhluk.

Bisa kita bayangkan Hijabers, Allah yang maha penyayang dan pengasih, namun tidak mengampuni dosa syirik. Berarti dosa tersebut sangat amatlah besar dihadapan Allah.

Selain itu bila ada manusia yang berbuat syirik, maka juga terhapuslah pula segala amalnya.

Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al An’am: 88). Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Az Zumar: 65).

Hidup kita hanya sekali Hijabers, dan kitapun mati sekali. Dan ketika kita telah mati, satu detikpun kita tidak akan bisa kembali laagi ke dunia untuk memperbaiki semua. Karena itu, jangan sampai kita salah langkah, dan atau mengambil tindakan yang akan merugikan kita seumur hidup kita. Semoga kita selalu berhati- hati dan berpikir matang dalam melangkah, dan semoga Allah juga selalu melindungi kita dari bahaya dosa syirik ini di seumur hidup kita. Aamiin.



RELATED ARTICLE