DiaryHijaber
Dalam Islam, Apakah Mencukur Alis Boleh? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Dalam Islam, Apakah Mencukur Alis Boleh?

Menjadi cantik pastilah menjadi idaman semua wanita. Karena itupun mereka rela melakukan banyak hal, dari mulai yang termurah sampai yang termahal sekalipun, yang sederhana bahkan sampai yang menyakitkan, dan yang tradisional ataupun perawatan modern dengan alat-alat yang canggih. Islampun sangat mengerti tentang kecenderungan wanita untuk menjadi cantik. Namun Islam memberikan batas-batas tertentu, agar para wanita tidak terjerumus kepada hamba dunia dan melanggar aturan Allah Ta’ala, hanya karena ingin mempertahankan kecantikan yang bersifat sementara saja.

Hijabers, masih ingatkah kita tentang sumpah Iblis ketika ia di usir dari surga karena tidak mau sujud kepada Nabi Adam? Mari kita simak firman Allah berikut ini, “Iblis berkata: Aku bersumpah dengan Keagungan-Mu ya Allah, sungguh akan aku sesatkan mereka semua, kecuali para hamba-Mu diantara mereka yang baik imannya.” (QS. Shad: 82 – 83). Dan salah satu wujud nyata dari sumpah tersebut adalah, iblis akan selalu menggoda kita untuk mengubah apa yang telah Allah ciptakan atas tubuh kita ini. Hal inipun sudah dituliskan di dalam Alquran, (yang artinya), “Sungguh aku akan perintahkan mereka untuk mengubah ciptaan Allah.” (QS. An-Nisa: 119).

Sayangnya, berkaitan dengan hal ini kita para wanitalah yang banyak tergoda dan mewujud nyatakan sumpah Iblis tersebut. Dari mulai operasi plastik sampai bahkan dalam hal memperlakukan alis kita sekalipun, kita akhirnya tergoda untuk mengadakan koreksi atasnya dengan dalih merapikan. Padahal Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam telah bersabda,  (yang artinya), “Allah melaknat tukang tato, orang yang ditato, al-mutanamishah, dan orang yang merenggangkan gigi, untuk kecantikan, yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibnul Allan mengatakan dalam Syarh Riyadhus Shalihin,

 “An-Namishah adalah wanita yang mencukur bulu alis wanita lain atau menipiskannya agar kelihatan lebih cantik. Sedangkan Al-Mutanamishah adalah wanita yang menyuruh orang lain untuk mencukur bulu alisnya.”

Hijabers,  mungkin ada dari kita yang menyepelekan aturan Allah ini, dan berkata “ah, hanya sekedar urusan alis, kan?” Namun diakui ataupun tidak, Allah adalah satu- satunya yang Maha mengetahui apa- apa yang kita tidak tahu. Dan pasti perintahnya adalah yang mebawa kebaikan bagi diri kita. Termasuk ketika Allah memberikan perintah yang berkaitan dengan kecantikan ini. Jika sudah begini, masihkah kita melanggar aturan Allah, hanya demi tampil cantik dan lebih indah dalam versi manusia?



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top