"Coba Gue Dulu Begini..." | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

"Coba Gue Dulu Begini..."

322 kali dilihat

Kalau ada mesin waktu doraemon yang bisa memutar balik waktu, pasti bakal laris manis deh dibeli, hee... Tapi sayangnya yang begitu cuma kejadian di film kartun. Nggak ada cerita waktu bisa dibalik dalam dunia nyata. Dan anak kecil aja tahu kalau soal beginian, ya nggak sih?

Kawan, kesalahan yang kita buat dimasa lalu, akan tetap jadi kesalahan dalam sejarah hidup kita. Tapi untungnya kita sebagai seorang muslimah diberi kesempatan memperbaiki diri dan bertaubat keada Allah. Dan setelah itu kita bisa memulai episode baru lagi dalam hidup kita lebih baik dari yang dulu sudah kita jalani.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), “Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

Nggak ada manusia yang nggak punya dosa, kawan. Semua pasti pernah melakukan dosa. Dan bagi Allah yang berarti bukanlah sebesar apa dosa itu, tapi apakah manusia mau mengakui dan bertaubat atas semua dosa-dosa mereka itu.

Taubat dari kesalahan yang telah lalu bisa membuat manusia bahkan bisa jadi lebih mulia dari pada malaikat. Hal ini karena orang tersebut bisa menundukkan dirinya dia sendiri untuk hidup dalam taubat setelah dia berdosa, padahal ada celah baginya untuk bisa mengulang dosanya kembali.

Jadi jangan fokus hanya pada dosa-dosa kita saja, kawan. Tapi pikir aja baik-baik tentang bagaimana agar kita bisa istiqamah hidup lebih baik dan istiqamah dalam kebaikan setelah pertaubatan kita. Berpikir tentang masa lalu yang kelam hanya akan membuat kita menilai negatif diri kita sendiri, dan menghilangkan kasih sayang atas diri kita sendiri.

Maafkanlah diri kita. Jangan katakan “Coba aja  dulu gue begini...”. Semua yang sudah, ya sudah. Toh kalau kita nggak salah dulu, mungkin kita nggak akan bisa belajar bagaimana caranya menjadi manusia yang lebih baik.

Terima diri kita sendiri kembali, sayangi dan muliakan dalam pertaubatan kita kepada Allah. InshaAllah dengan begitu hidup kita akan terasa lebih nyaman dan damai, tanpa harus ada acara sesal dan menyesal kembali.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE