DiaryHijaber
Cewek Kurang Piknik | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Cewek Kurang Piknik

Ada nggak sih diantara kamu atau teman-temanmu yang dikit-dikit bawaannya marah mulu’, sensi mulu’, ribet mulu’ deh tiap hari? Udah gitu ngebawa juga atmosfir yang panas aja di lingkungan atau kumpulan kamu, kawan. Kalau iya, bisa jadi nih kamu termasuk cewek yang kurang piknik alias kurang istirahat emosi, hati, sama pikiranmu. Jadinya semua berasa tegang dan puncak aja. Karena itulah akhirnya emosimu jadi nggak stabil alias gampang marah dan naik darah.

Kawan, istirahat atau brik bentar buat badan otak dan hati itu perlu banget loh. Sesekali lah senangin diri sendiri dengan melihat sesuatu yang nggak biasa kita lihat, seperti mengunjungi tempat yang buat kita nyaman, atau yang pemandangannya indah, yang buat hati adem, dan otak kita kembali fresh. Nggak usah jauh-jauh atau ngeluarin bajet yang gede. Cukup yang sederhana aja, yang penting kita kembali segar kembali dan siap beraktifitas lagi. Itu baru namanya sayang sama diri sendiri.

Dan langkah pertama buat sayang diri sendiri, salah satunya ya dengan itu tadi, mengenali sinyal dari diri kita, badan, hati dan pikiran kita kalau dia udah terlalu tegang dan nggak nyaman. Dan piknik alias istirahat, liburan, jalan-jalan happy-happy atau apapun lah bahasanya, bisa kita pilih buat jadi solusi agar kita nggak lebih kesiksa dengan keadaan.

Piknik juga bisa sebagai sarana buat mentafakuri ciptaan Allah Ta’ala. Jadi hari-hari tuh nggak tentang kerja mulu’ dan kerja aja. Dengan piknik kita bisa belajar memahami, mengamati, dan mensyukuri ciptaan Allah serta banyak nikmatNya yang Dia berikan kepada kita. Kita juga bisa dan belajar dari orang-orang yang terdahulu, yang hidup di bumi sebelum kita.

Allah Ta’ala berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)" (Qs. Ar Rum : 42).

Selain itu, kita juga bisa piknik dengan mengunjungi sanak saudara kita. Dengan bertemu mereka yang kita kangeni dan kita sayangi, cuaca di hati dan pikiran kitapun akhirnya bisa lebih tenang dan terkendali lagi. Apalagi piknik yang sekalian silaturahim ini dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam teladan kita yang mulia. Dam sebuah sabdanya, Beliau menyebutkan (yang artinya), “Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahim” (HR. Bukhari)

Dengan begitu, piknik islami yang kita jalankan tersebut nggak cuma akan melepaskan kita dari rutinitas hari-hari kita aja, tapi juga inshaAllah sekaligus menjadikan kita sebagai orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah. Wah asyik banget, kan?

Hidup itu jangan dilaluin begitu aja, kawan. Jangan biarkan hari-hari habis dan kita nggak ngerasa apapun kecuali malah nambah beban hidup. Nikmati aja setiap detiknya, nikmati setiap masalahnya. Jangan terlalu memporsir bahwa semua-mua kudu sempurna. Dan nggak perlu juga semua harus perfeksionis. Yang penting kita bisa happy tanpa harus nubruk aturan, dan jadi lebih baik disetiap harinya. Dan jangan lupa tentang satu hal, piknik itu perlu banget loh buat ngembalikan diri kita ke keadaan yang lebih fresh dan tenang. Jadi, Ayo kita liburan!

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE