Cara Kerja Keuangan Syariah yang Membuat Kita Lebih Aman | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Cara Kerja Keuangan Syariah yang Membuat Kita Lebih Aman

Sebagai seorang muslim, sudah menjadi keinginan kita untuk selalu melakukan segala hal yang pastinya sesuai dengan Al-Quran dan Hadist. Tidak terkecuali ketika kita melakukan transaksi keuangan.

Dan di era modern seperti sekarang ini, kehadiran bank syariah memang menjadi hal yang pantas untuk di syukuri. Karena ketika kita melakukan transaksi di sana, kita tidak akan hanya mendapati keuntungan secara duniawi saja, namun juga ada nilai keberkahan dari harta tersebut. Dari Sholih bin Shuhaib r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tiga macam yang mendapat berakah, pertama, jual beli secara tangguh, kedua, transaksi mudharabah (bagi hasil), ketiga, mencampur gandum dengan tepung untuk dimakan bukan untuk dijual.” ( HR. ibnu majah).

Dengan sistem mudharabah atau bagi hasil, bank syariah juga tidak diwajibkan membayar bunga kepada nasabah sebagaimana dalam bank-bank konvensional. Selain itu nasabah juga akan terhindar dari riba yang sangat di larang dalam Islam. Bank syariah hanya akan membagi hasil sesuai dengan tingkat pendapatan dan keuntungan yang diperolehnya berdasarkan akad bagi hasil yang telah disepakati.

Karena itu, dengan memilih bank syariah maka kitapun berati belajar mengamalkan islam secara kaffah. Hal ini sesuai dengan Firman Allah Ta’ala, (yang artinnya), “Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam secara kaffah, jangan ikuti langkah-langkah syetan.” (Qs. Al Baqarah: 208). Karena Islam tidak hanya mengatur masalah ibadah saja, tetapi juga aspek muamalah. Jadi bila kita beribadah secara Islam, tetapi masih bermuamalah secara kapitalis, maka keIslaman kita dinilai kurang sempurna.

Selain itu, dengan memilih bank syariah kita juga ikut serta mengangkat derajat ekonomi umat Islam. Karena dana yang terkumpul, akan disalurkan untuk membiayai usaha-usaha umat Islam. Sebagai hasilnya, ekonomi umat Islam pun bisa terangkat dan kesejahteraannya secara bertahap akan meningkat.

Bila kita sebagai umat Islam secara bersama-sama mendukung dan memajukan bank syariah baik dengan cara menabung dan mendepositkan, maka lembaga perbankan syariah akan menjadi semakin berkembang dan kuat. Selanjutnya, umat Islam pun akan memiliki aset berharga guna mendukung kebangkitan Islam. Siapa lagi yang akan memajukan dan mendukung lembaga syariah ini kalau bukan kita sebagai umat Islam itu sendiri, bukan?



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top