Cantik dan Bermanfaat bagi Banyak Orang | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Cantik dan Bermanfaat bagi Banyak Orang

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni). Inilah pesan Rasulullah Sallalahu ‘alaihi wasalam tentang pentingnya akhlak menjadi seorang muslim yang memberikan manfaat kepada orang-orang disekitarnya. Karena dengan bermanfaat bagi orang lain, keberuntungan akan senantiasa ada pada orang tersebut.

Hal ini karena kepada hakekatnya balasan kebaikan adalah hanya kebaikan. Orang yang gemar menolong serta memberikan kemudahan dan manfaat bagi kehidupan orang lain, maka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah serta tempat yang istimewa dihati manusia yang lain.

Orang tersebut akan dibalas dengan baik oleh orang- orang yang pernah ditolongnya. Tak hanya itu, karena dia telah meringankan hidup orang lain dengan sederet kemanfaatan bagi hidup orang tersebut, maka Allahpun akan senantiasa mempermudah keperluannya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya.” (Muttafaq ‘alaih).

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda, (yang artinya), Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat.(HR. Muslim).

Karena itu, jangan pernah ragu untuk menjadikan diri kita jalan kemudahan bagi hidup orang lain. Karena kita tidak tahu juga kapan kita akan membutuhkan mereka untuk membantu keperluan kita. Dan jikapun hal itu datang, inshaallah urusan kita juga akan lebih digampangkan, dan selain itu Allah pun akan membantu kita dan bersama kita, untuk menyelesaikan urusan kita. Selain itu, kasih sayang Allah juga akan selalu menyertai kita. Hal ini seperti yang telah disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita, (yang artinya),

Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh. (HR. Thabrani).



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top