DiaryHijaber
Cantik dalam Kesederhanaan | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Cantik dalam Kesederhanaan

Dizaman modern seperti sekarang ini, tampilan luar dan kondisi fisik seseorang, banyak dijadikan ukuran atau patokan penilaian. Selain itu terkadang penghormatan orang lain juga bisa di ukur dari cara berpenampilan orang tersebut. Sayangnya, hal ini terkadang oleh beberapa orang lalu dimaknai bahwa jika ingin dihormati orang lain, menaikkan status gengsi, dan atau mendapat penilaian lebih dari orang lain, maka mereka harus tampil dengan “wah” dalam tampilan luarnya.

Jadilah orang berbondong-bondong bersaing dalam hal fashion, aksesoris, dan yang lain-lain demi gengsi dan bermaksud tampil menjadi pusat perhatian semata. Tak jarang juga, mereka harus sedikit memaksakan diri demi bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Sekali dua kali, mungkin masih bisa di handle dengan baik oleh mereka, namun jika sudah terlalu di luar batas kemampuan, yang pasti masalah baru juga akan menghinggapi mereka.

Semua ini menjadi pembelajaran bagi kita, Hijabers. Kita sebagai muslimah patut bersyukur karena Islam justru memerintahkan kita untuk berlaku sederhana dalam banyak hal dikeseharian kita. Hal ini termasuk dalam urusan penampilan kita sehari- hari.

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah menerangkan dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, beliau berkata: “Jika seseorang berada di tengah-tengah orang yang hidupnya sederhana, maka janganlah ia berpenampilan terlalu mewah. Kalau ia mau mengambil sikap tawadhu’  atau rendah hati, maka berpakaianlah seperti pakaian mereka. Biar hati mereka tidak merasa kerdil dan juga bukan tanda sombong. Inilah membuat seseorang mendapatkan pahala yang besar. Namun jika seseorang berada di sekitar orang yang berpakaian bagus, maka lebih pantas ia memakai pakaian semisal mereka, karena Allah itu jamil (indah) dan menyukai suatu yang indah. Karena kalau seseorang berpakaian sederhana di tengah-tengah orang-orang yang berpakaian bagus, maka ia akan tampil beda. Jadi seseorang dalam berpakaian bisa menyesuaikan kondisi”

Hijabers, sungguh Allah Ta’ala tidak menyukai orang-orang yang berlaku sombong, dan atau hanya ingin mendapatkan pujian dari orang lain semata. Nafsu selamanya akan merongrong kita untuk menjadi yang “paling” dihadapan manusia, termasuk dalam urusan gaya atau penampilan. Tapi sebenarnya bukan disana letak keindahan seseorang yang sebenarnya. Justru ketika ia mau tampil sederhana, serta rendah hati  ketika dalam kelebihan, dan tidak memaksakan diri ketika dalam kekurangan,  kecantikan yang sesungguhnya akan nampak meskipun ia sendiri tidak menampak-nampakkan. Dan itulah kecantikan sejati seorang muslimah.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top