Bunuh Diri Itu "Nggak Mati" | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Bunuh Diri Itu "Nggak Mati"

231 kali dilihat

Maha suci Allah yang menciptakan kehidupan untuk kita. Hidup itu adalah berkah, karena bahkan mereka yang mati sampai memohon untuk bisa dikembalikan ke dunia walau sebentar hanya buat bisa beramal baik lagi.

“Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Rabbnya, (mereka berkata), “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin”  (Qs. As Sajdah: 12)

Tapi di dunia ini ada banyak orang-orang yang dengan berbagai alasan akhirnya justru memilih untuk bunuh diri. Hal ini biasanya mereka lakukan karena saking nggak kuatnya menanggung beban hidup.

Kawan, memang ujian hidup pastinya ada yang ringan dan ada yang berat. Dan bagi kita mungkin nggak akan bisa merasakan penderitaan yang lain dalam berat atau ringannya hukuman itu. Tapi percayalah Allah selalu yang akan mengerti kita, walaupun nggak ada seorangpun manusia yang bisa dan mau mengerti kita. Allah turunkan cobaan hanya untuk sekedar menguji kita agar kita “naik kelas”. Allah nggak akan pernah mendholimi hambanya. Bahkan dia adalah yang Maha Penyayang kepada para hambanya.

“Dari Umar bin Al Khaththab radhiallahu’anhu berkata: Didatangkanlah para tawanan perang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka di antara tawanan itu terdapat seorang wanita yang berjalan dengan tergesa-gesa, sehingga dia menemukan seorang anak kecil dalam kelompok tawanan itu. Dia segera menggendong, dan menyusui bayi itu. Lalu Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akankah kalian melihat ibu ini melemparkan anaknya ke dalam api? Kami menjawab: Tidak, dan ia mampu untuk tidak melemparkannya. Lalu Nabi bersabda: Sesungguhnya Allah lebih sayang kepada hamba-Nya, melebihi sayangnya ibu ini kepada anaknya” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Bunuh diri nggak akan membuat kita selesai hidup, kawan. Karena kematian bukanlah hidup yang selesai. Jasad kita saja yang “selesai” tapi jiwa kita akan tetap kekal abadi, dan akan tetap melewati banyak kejadian sampai di akhirat nanti.

Utsman bin Affan radhiallahu’anhu berkata:

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Alam kubur adalah awal perjalanan akhirat, barang siapa yang berhasil di alam kubur, maka setelahnya lebih mudah. Barang siapa yang tidak berhasil, maka setelahnya lebih berat’ . Utsman Radhiallahu’anhu berkata, ‘Aku tidak pernah memandang sesuatu yang lebih mengerikan dari kuburan’” (HR. Tirmidzi)

Seberat beratnya urusan dunia, paling nggak kita masih hidup dan masih bisa meminta ampun dan meminta pertolongan allah buat menolong kita keluar dari masalah kita. Nah kalau kita sudah mati, maka sudah terlambat pula penyesalan kita. Mau mohon apa juga sudah nggak bisa.

Semoga Allah melindungi kita dari berpikir pendek saja dalam menghadapi masalah kita. Apalagi dengan jalan bunuh diri yang kita kira dengan itu semua kita akan mengakhiri masalah kita. Tapi ternyata nggak sama sekali. Semoga Allah selalu melindungi kita. Aamin.

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE