Berzakat di Akhir Ramadhan | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berzakat di Akhir Ramadhan

Segala puji bagi Allah atas berbagai macam nikmat yang Allah berikan. Shalawat dan salam atas tauladan mulia kita, Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wa sallam, kepada keluarganya dan para pengikutnya.

Hijabers, menunaikan zakat merupakan rukun islam yang ketiga. Dan di dalam Al Qur’an kata “zakat” disebut sebanyak 30 kali, diantaranya 27 kali disebutkan secara bersamaan dengan perintah sholat dalam satu ayat. Hal ini menunjukan betapa pentingnya kedudukan zakat bagi seorang muslim.

Maha Suci Allah yang telah menganjurkan kepada kita tentang kebiasaan berzakat. Karena kebiasaan ini akan memupuk jiwa sosial kita, memunculkan sikap dermawan, banyak bersyukur serta tidak rakus akan harta dunia. Kita berbagi dan perduli dengan mereka yang tidak mampu, dan menguatkan semangat persaudaraan sesama muslim. 

Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata: "Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menyakitinya." (HR. Ahmad, Bukhori dan Muslim)

Dan ketika nanti kita telah sampai di akhir Ramadhan nanti Hijabers, kita diwajibkan untuk membayar Zakat fitrah. Zakat ini dibayarkan baik untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang yang nafkah hidupnya menjadi tanggungan kita. Zakat fitrah yang wajib kita bayarkan adalah satu sha, atau sama dengan 2,5 kg bahan makanan atau dapat dibayarkan dengan uang seharga 2,5 kg makanan pokok Zakat fitrah merupakan penyempurna ibadah puasa kita.

Di dalam sebuah Hadits dari Ibnu Abbas, yang berhak menerima zakat fitrah adalah orang-orang fakir dan miskin. Dengan Zakat Fitrah ini, diharapkan mereka para fakir dan miskin dapat ikut serta merayakan kebahagiaan hari raya Idul Fitri nanti.

Hijabers, jangan sampai kita merasa bahwa dengan berzakat ini adalah bentuk dari kedermawanan kita. Membayarkan zakat fitrah, sama sekali bukanlah suatu bentuk kedermawanan yang kita berikan kepada orang-orang miskin, melainkan kewajiban yang diamanahkan Allah di tangan kita untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya. Karena itu, bagi siapapun kita yang mampu sudah menjadi kewajiban kita untuk membayarkan zakar fitrah kita nanti sebagai penyempurna ibadah puasa kita.

 




Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top