Berwudhu Sebelum Tidur | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Berwudhu Sebelum Tidur

375 kali dilihat

Islam sangat memperhatikan setiap detail urusan umatnya. Bahkan di dalam urusan tidur saja, Islam memiliki aturan tersendiri. Semua dilakukan bukan untuk merepotkan umatnya, namun sebaliknya Islam mengajarkan tentang kemuliaan manusia, yang memang dilebihkan dalam hal etika, sopan santun serta yang membedakan cara hidup mereka dengan hewan, atau makhluk yang lainnya.

Kita sebagai seorang muslim, dianjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu (HR. Bukhari dan Muslim). Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, (yang artinya), Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Berwudhu tidak hanya sekedar untuk menjaga kebersihan badan kita saja, namun jugalah mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika kita dalam keadaan suci berarti kita akan dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci. Rasulullah SAW bersabda, (yang artinya), “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'” (HR Ibnu Hibban).

Selain dari sisi tersebut, berwudhu sebelum tidur juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita. Kondisi otot-otot kita yang kaku juga akan lebih rileks, pikiran menjadi lebih tenang, dan badan juga tidak akan terasa capek. Selain itu, kulit wajah juga akan lebih cerah, karena kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan hilang tentunya. 

Setelah mengetahui begitu banyaknya manfaat dari kegiatan berwudhu sebelum tidur ini, maka ada baiknya kita tidak menunda untuk melakukan kebiasaan ini Hijabers, karena dampak baiknya pun akan senantiasa kembali kepada diri kita sendiri. Jika bukan kita yang memulai, maka siapa lagi, kan?



RELATED ARTICLE