DiaryHijaber
Berwudhu saat Menggunakan Make Up Waterproof | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berwudhu saat Menggunakan Make Up Waterproof

Sudah menjadi kodrat wanita untuk ingin selalu tampil cantik. Salah satunya adalah dengan pemakaian make up diwajahnya. Menemukan make up yang pas untuk kita, bukan hal sulit. Terlebih lagi dijaman modern seperti sekarang, dimana berbagai merek kosmetik dengan aneka pilihan merek dan harga pun bisa dengan gampang kita dapatkan.

Salah satu kosmetik  yang sedang digemari saat ini adalah kosmetik dengan bahan waterproof atau yang berbahan dasar minyak silikon. Selain dapat menjaga kulit kita tetap lembut, kosmetik tersebut juga lebih mudah diserap oleh kulit dan rambut. Keuntungan lainnya adalah dengan bahan dasar minyak silikon, kosmetik akhirnya tidak gampang luntur, tidak mudah terhapus, sehingga make up akan lebih tahan lama.

Tapi kemudian sebuah pertanyaan muncul, lalu bagaimana bila kita ingin berwudhu untuk melaksanakan sholat, sedangkan kita masih dalam keadaan memakai make up water proof yang menghalangi penetrasi air ke dalam kulit kita tersebut?

Hijabers, segala sesuatu yang menghalangi mengalirnya air pada bagian tubuh yang harus disucikan dalam berwudhu, jelas tidak boleh dipergunakan oleh orang yang hendak berwudhu, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman.

 “Maka basuhlah mukamu dan tanganmu.” (Al-Maidah : 6)

Seorang wanita menggunakan make up water proof di wajahnya kemudian berwudhu, maka bisa dipastikan bahwa kosmetiknya tersebut akan menghalangi menyentuhnya air dari kulitnya. Dengan demikian berarti dia telah meninggalkan satu kewajiban di antara beberapa hal yang wajib dalam berwudhu, dan menyebabkan wudhunya tidak sah. Dan apabila terjadi hal seperti ini, maka sholatnya pun menjadi tidak sah pula.

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Shalat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima -ketika masih berhadats- sampai dia berwudhu.“ (Hr. Bukhari dan Muslim)

Hijabers, karena itu jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu make up water proof yang kita pakai dengan pembersih khusus apabila kita ingin berwudhu, agar  wudhu yang kita lakukan bisa terlaksana dengan baik.

Perduli dengan penampilan memang diperbolehkan, tetapi sebagai muslimah yang baik rasa perduli dan sifat teliti pada aturan Allah itu adalah lebih penting. Karena untuk apa kita cantik bila tidak mendapatkan ridho, dan atau malah melanggar dan meremehkan aturan Allah Ta’ala. Bukan begitu, bukan?

 

 

 

Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top