DiaryHijaber
Berubah Yuk, Kawan! | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berubah Yuk, Kawan!

Waktu berjalan, dunia berubah, manusia pun berubah. Karena itu, kitapun harus berubah. Berubah itu nggak berarti labil dalam hal prinsip, tapi berubah berarti merubah hal- hal yang kurang baik dari kita dan diubah jadi yang lebih baik pastinya. Walaupun judulnya sampai matipun kita sebagai manusia nggak akan mungkin tampil sempurna, tapi paling nggak kita lebih baik lah dari pada hari kemarin lah.

 

Ngomong- ngomong, hari gini banyak orang yang cari hiburan dengan mengkorek- korek kekurangan orang lain. Waktu mereka habis cuma untuk membicarakan kekurangan orang lain. Mereka lupa kalau kekurangan diri mereka sendiri tuh masih banyak banget atau malah mungkin lebih banyak. Selain itu, hidup merekapun masih berhenti di satu level itu saja, dan belum ada perubahan berarti di dalamnya. Kesuksesan pun belum tentu datang dalam hidup mereka itu. Dan sayangnya followers mereka yang begini ternyata makin banyak aja dari hari ke hari. Mungkin salah satu pengikut mereka ini adalah kita.

 

Padahal, mencermati kekurangan orang lain cuma akan buang-buang waktu dan nyia-nyiakan tenaga aja. Tahu-tahu tua, tahu-tahu waktu kita udah habis, tapi kita masih gitu- gitu. Nggak ada perubahan berarti, dan hidup kitapun masih yang standart aja. Ngebosesin tiada tara.

 

Karena itu kita butuh yang namanya fokus dalam membuat perubahan diri. Secara gitu, banyak hal asik di dunia ini yang bisa buat kita “nengok kiri-kanan”. Belum lagi, pola pikir kita yang bilang kalau “Ah, waktu gue kan masih banyak. Bisa dilakukan besuk atau kapanlah”. Padahal yang namanya pemenang itu, bersakit- sakit dahulu barulah santai kemudian. Dan pemalas itu, “santai dulu, santai kemudian, dan menyesal di akhir adegan”.

 

Kawan, siapa yang bisa menjamin kita masih punya waktu besuk? siapa yang menjamin kita masih bisa hidup besuk hari? Kematian itu seperti kejutan mendadak yang siap nggak siap kita kudu berangkat. Nah kalau kita "berangkat" dalam keadaan kualitas diri yang masih gini-gini aja, dan nggak ada sesuatu berharga yang bisa kita tinggalin entah dalam bentuk ilmu, materi, atau bahkan kenangan yang baik dari diri kita, maka bisa dibilang sia- sialah hidup kita yang sekali-kalinya ini.

 

Perubahan itu perlu, bahkan sangat perlu. Karena seberapa besarpun zona nyaman yang kita miliki sekarang, waktu lama- lama akan membuatnya nggak lagi nyaman buat kita. Kecuali kita terus berinovasi dengan selalu menghadirkan sesuatu yang baru untuk membuat zona nyaman itu tetap nyaman buat kita. Karena eh karena, ya itu tadi kawan, kita sebagai manusia pasti punya rasa bosan terhadap sesuatu yang monoton, jadul, standart alias gitu- gitu aja.

 

Berhentilah sekedar mengeluh dan berpikir di tempat saja, sambil meratapi nasib dan bilang “Tuhan jahat banget sih sama gue”. Dunia memang tempat kita di coba buat tahu seberapa besar iman kita, dan bukan tempatnya bersenang- senang. Karena itu, perubahan memang harus dan kudu ada. Biar jalan hidup kita lebih baik dan lebih bahagia. Seperti firman Allah yang tertulis di dalam Al Quran, (yang artinya), Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’ad ayat 11)

 

Jadi, yuk kita belajar buat bisa jadi pribadi yang kuat dalam memegang prinsip, tapi bisa membuat hidup kita lebih berwarna dan lebih menyenangkan dengan melakukan perubahan, terutama dalam banyak kekurangan yang ada di diri kita. Agar hidup kita lebih berharga, jadi lebih bermakna, dan hidup kitapun jadi lebih hidup dari sebelumnya. Kalau tidak, kita tidak akan menemukan makna dari hidup yang sebenarnya, kecuali hanya rasa bosan, jenuh dan rasa malas buat hidup. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top