DiaryHijaber
Berterimakasih Berarti Bersyukur | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Berterimakasih Berarti Bersyukur

(DiaryHijaber.com) -Berterimakasih atas kebaikan yang diberikan orang lain kepada kita adalah salah satu etika sopan santun yang dijunjung tinggi dalam Islam. Selain itu, sikap seperti ini adalah salah satu bentuk akhlak yang baik, yang sangat disukai Allah. Rasulullah yang mulia mengabarkan bahwa berterimakasih kepada manusia adalah juga bagian dari rasa  syukur kita kepada Allah.

 

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

 

Hijabers, siapa manusia yang tidak suka bila mendapatkan kasih sayang dari Allah, dan dari manusia disekitarnya?. Semua orang pasti menginginkannya. Dan hanya orang- orang yang lembut serta indah hatinya saja yang akan senantiasa mampu berterimakasih dan bergembira atas apapun dan bagaimanapun kebaikan yang telah diterimanya dari sesamanya. Mereka itu lah nantinya yang akan mendapatkan kasih sayang yang besar dari Allah dan manusia disekitarnya.

 

Sebaliknya, bagi mereka yang malah bersikap acuh setelah sesamanya menolongnya, pasti akan mendapatkan sikap anti pati dan kebencian. Cap sebagai manusia sombong pun akhirnya melekat kepadanya. Sungguh hal ini adalah sebuah kerugian yang dia lakukan pada dirinya sendiri.

 

Karena itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, mengingatkan kita agar senantiasa menjadi manusia yang ramah, rendah hati, dan penuh syukur. Salah satunya adalah dengan mau berterimakasih kepada sesama kita.

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang diberikan sebuah hadiah, lalu ia mendapati kecukupan maka hendaknya ia membalasnya, jika ia tidak mendapati maka pujilah ia, barangsiapa yang memujinya, maka sungguh ia telah bersyukur kepadanya, barangsiapa menyembunyikannya sungguh ia telah kufur.” (HR. Abu Daud)

 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang diberikan kepadanya sebuah kebaikan, hendaklah ia membalasnya dan barangsiapa yang tidak sanggup maka sebutlah (kebaikan)nya, dan barangsiapa yang menyebut (kebaikan)nya, maka sungguh ia telah bersyukur kepadanya dan barangsiapa yang puas dengan sesuatu yang tidak ia miliki, maka ia seperti seorang yang memakai pakaian palsu.” (HR. Ahmad)

 

Dan didalam Islam kita dianjurkan untuk mengucapkan “Jazakallah khairan" yang artinya "semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”, setelah menerima kebaikan dari orang lain. Seperti sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, (yang artinya),

“Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” (HR. Tirmidzi)

 

Semoga Allah senantiasa membaikkan hati kita agar kita menjadi hamba yang mudah bersyukur dan manusia yang mau berterimakasih kepada sesama kita.


 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top