Berpuasa di Bulan Ramadhan Obat Segala Penyakit | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Berpuasa di Bulan Ramadhan Obat Segala Penyakit

Kenapa harus berpuasa? Kenapa harus menyiksa diri dengan haus dan lapar? Bukankah Allah itu maha pengasih, lalu mengapa dia memerintahkan hambanya untuk menderita?

Hijabers, mungkin ada dari kita yang bertanya dengan pertanyaan yang sama. Ketahuilah Hijabers, puasa itu tidak ada manfaatnya buat Allah yang maha kuasa. Tapi justru semua manfaat dan kebaikannya akan kembali kepada kita. Hal ini tidak hanya sebatas teori. Penelitian ilmiah dan pengakuan para ahli kesehatan dunia telah membuktikan bahwa dengan puasa tubuh kita kembali menjadi fit kembali.

Salah satu contohnya, adalah manfaat yang ada bagi jantung kita. Teman, saat kita berpuasa HDL  atau kolesterol baik dalam tubuh dapat meningkat dan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun. Sehingga akan menyehatkan pembuluh darah dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Puasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuhnya tidak akan mudah sakit. Hal ini disebabkan karena ketika ia berpuasa, maka peningkatan Limfosit atau salah satu jenis seldarah putih akan terjadi hingga mencapai 10 kali lipat. Hal ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap sistem imun dalam tubuh orang yang berpuasa tersebut.
 
Dan taukah Hijabers, kadang makanan-makanan yang kita makan banyak mengandung aditif zat kimia, yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Sebagian besar dari zat racun ini tersimpan dalam lemak tubuh. Dan jika kita berpuasa, lemak ini akan dibakar secara berkelanjutan. Dengan demikian, racun-racun tersebut secara otomatis juga ikut dilepaskan keluar dari tubuh. Selama berpuasa tubuh kita juga mengalami peningkatan pemecahan glukosa, yang akan diolah oleh tubuh untuk menjadi energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah kita, lho.

Ketika berpuasa selain menahan diri dari lapar dan dahaga, kita juga diwajibkan untuk bisa mengendalikan emosi negatif atau amarah. Dengan begitu puasa memiliki manfaat untuk psikologis kita sehingga pikiran bisa menjadi lebih tenang dan terhindar dari stress yang dapatmemicu berbagai penyakit. Dan masih banyak lagi kebaikan dan manfaat dalam berpuasa ini, teman. Dengan puasa kita sehat, dengan puasa kita tenang, dan akan dipenuhi dengan keselamatan dan keberuntungan.

Maka, maha benar Allah yang telah berfirman di dalam Al-Quran…

 “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al-Baqarah 183)
 “Dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Ali Imran 130)
 “Dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Al-Baqarah 189)


Jadi, masihkah kita ragu untuk melakukan ibadah puasa ini, Hijabers?






Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top