DiaryHijaber
Berlaku Lembutlah, Agar Kita Mudah Disayangi | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Berlaku Lembutlah, Agar Kita Mudah Disayangi

Sopan santun itu perlu banget dalam kehidupan kita. Bahkan Islam juga menganjurkan kita untuk selalu berlaku penuh sopan santun dalam keseharian kita. Salah satunya adalah nggak ngomong dengan nada kasar dan atau materi omongan yang kasar ke orang lain. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman. ” (QS. Al Hijr: 88)

Allah memerintahkan kita untuk bersikap lembut, tidak lain adalah agar kita selalu hidup dalam kebaikan. Karena orang yang mau mendidik dirinya agar selalu bersikap lembut kepada orang lain, maka otomatis akan gampang pula disayangi dan gampang pula diperlakukan dengan baik. Karena orang lain juga akan nyaman dan tenang bila berada di dekatnya.  Hal ini jelas beda dengan kalau mereka kasar dan selalu menyakiti orang baik dengan lidah ataupun dengan perbuatannya. Nggak heran bila kita lihat orang seperti ini sangat sulit untuk bisa berinteraksi dengan orang lain, bahkan sengaja disisihkan oleh lingkungannya.

Maka benarlah firman Allah yang menggambarkan tentang hal ini, (yang artinya), “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159)

Kawan, kita adalah seorang muslim. Dan sudah seharusnya kita bertingkah laku sebagai seorang muslim yang baik, serta mencontoh teladan kita Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan beliau selalu mengajarkan kita untuk berlaku lembut kepada siapapun. Hasan al Basri mengatakan “Berlaku lemah lembut adalah akhlak Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mana beliau memang diutus untuk membawa akhlak yang mulia ini.”

Maka jika kita ingin menjadi mulia dan mendapat banyak kebaikan dalam hidup kita, mari kita ikuti langkah beliau. Agar akhir hidup kita juga bisa mendarat aman di surga Allah ta’ala seperti yang Rasulullah juga sabdakan kepada kita semua.  Dari Abu Syuraih, ia berkata pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga.” Beliau bersabda, “Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.”

Setelah mengetahui semua ini kawan, maka lebih baiknya bila kita belajar untuk memperlakukan orang lain dengan baik lewat tingkah laku dan kata-kata yang lembut.

Dan jika ternyata kita masih enggan, ... kawan, bukankah kita juga selalu ingin diperlakukan baik oleh orang lain? Maka dari itu mari kita mulai melakukannya dari diri kita sendiri. Agar nanti kita juga dibalas oleh Allah dengan diperlakukan lebih baik dan diberi banyak kebaikan. Atau kalau kita tetap bandel dan berlaku kasar pada orang lain, maka keadilan Allah pun juga akan berlaku untuk kita. Suatu hari, entah kapan, dimana, dan oleh siapa kitapun akan diperlakukan dengan kasar oleh orang lain.

Semoga Allah senantiasa menggolongkan kita sebagai hambanya yang bisa melembutkan hati dan jiwa kita agar gampang dibaikkan dan memperoleh kebaikan dari Allah Ta’ala.

 

 (NayMa)



RELATED ARTICLE