Berikut Salah Satu Nabi yang Memuliakan Islam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Berikut Salah Satu Nabi yang Memuliakan Islam

217 kali dilihat

Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma pernah berkata, “Kami (para sahabat) pernah menilai orang terbaik di zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kami dapatkan yang terbaik adalah Abu Bakar Radhiyallahu anhu , kemudian Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu , kemudian Utsmân bin Affân, mudah-mudahan Allah meridhai mereka semua”.

Abu bakar bukan sekedar mertua dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW), namun ia jugalah sahabat terbaik dan terdekat Beliau. Jasa-jasanya, keutamaan serta kedalaman ilmunya bahkan dipuji langsung oleh Rasulullah SAW. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling berjasa kepadaku dengan ikatan persahabatan dan dukungan hartanya adalah Abu Bakar. Seandainya aku boleh mengangkat seorang Khalil (kekasih terdekat) selain Rabb-ku niscaya akan aku jadikan Abu Bakar sebagai Khalil-ku. Namun, cukuplah ikatan kami dalam persaudaraan dan saling mencintai karena Islam. Dan tidak boleh ada satu pun pintu yang tersisa di masjid ini kecuali pintu Abu Bakar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hijabers, dari Abu bakar kita belajar banyak tentang bagaimana menjadi seorang muslim sejati. Beliau menjalankan iman secara total, dan tanpa ragu tentang kehidupan akhirat yang kekal. Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah menjamin ketangguhan iman Beliau. Kesetiaan Abu Bakar kepada Allah dan Rasulnya juga adalah harga mati baginya. Kehidupan dunia bahkan dengan harta melimpah ruah yang dimilikinya, adalah hanya sementara saja baginya. Beliau adalah juga yang bersifat lemah lembut dan pemaaf. Dan sifat dermawan sangat besar ada pula dalam dirinya, sampai-sampai Umar Bin Khatab pun berkata “Selamanya, aku tidak akan dapat mengalahkannya dalam hal apapun” karena saat itu ternyata Abu Bakar telah memberikan semua harta yang dimilikinya, untuk disedekahkan dijalan Allah.

Karena itulah, Rasulullah SAW begitu sangat mencintai Abu Bakar. ‘Amru bin ‘Ash Radhiyallahu anhu pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam Siapakah orang yang paling engkau cintai? Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Aisyah.’ Aku bertanya, ‘dari kaum laki-laki?’ Beliaupun menjawab, ‘Ayahnya (yaitu Abu Bakar)’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Umar bin Khattab.’ Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan beberapa orang yang dicintainya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Hijabers, demikian banyak keutamaan yang dimiliki oleh Abu Bakar, karena itu mari kita berdoa kepada Allah, supaya hati kita senantiasa dilembutkan dan dikuatkan niat kita agar bisa mencontoh Beliau berikut dengan segala kebaikannya. Serta menjadikan Beliau sebagai salah satu idola dan contoh mulia dalam hidup kita. Aamiin.



RELATED ARTICLE