DiaryHijaber
Asli! Kebohongan itu nyiksa diri | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Asli! Kebohongan itu nyiksa diri

Kebanyakan orang memang susah buat berlaku jujur 100%. Entah karena keadaan, suasana hati, atau malah demi mendamaikan orang lain akhirnya mereka ada yang terpaksa buat bohong. Sekali, dua kali, bahkan sampai berkali-kali. Bahkan ada akhirnya yang ketagihan sampai sulit sekali buat menghentikan.

Ya, begitulah ternyata kalau kita bohong. Keadaan seperti “susah buat berhenti” itu emang real alias nyata banget. Secara, saat awalnya udah berbohong, maka buat selanjutnya kebohongan itu kudu dilakukan lagi agar nggak terlihat bohong. Ngerti kan maksud gue?

Dan satu lagi “kehebatan” dari sebuah kebohongan adalah keberhasilannya dalam membuat penyiksaan bagi orang yang udah bohong itu. Nyesek, takut kalau kebohongannya ketahuan, khawatir setiap saat, nggak tenang, bingung kudu bohong apa lagi biar kebuka, dan lain sebagainya. Intinya, jadi nggak berkah banget deh waktu hidupnya.

Dan dia baru akan bebas dari semua itu kalau dia udah BERANI JUJUR. Walaupun itu berarti dia bakal dimaki, bakal dimusuhi, bakal di cap pembohong,  bahkan bakal di pukul sekalipun, tapi paling nggak lingkaran setan itu bakal terputus dan nggak jadi lebih panjang lagi. Hatinya juga bakal plongnya tuh banget banget deh.

Ternyata benar kawan, betapapun indah atau cantiknya kebohongan, tetap aja nggak bakal indah di akhirnya. Karena kebohongan itu alias nggak nyata dan nggak bener-bener bisa kita buktikan dengan nyata. Dan selanjutnya justru kalau kebohongan itu terkuak alias kita kudu jujur, wah sakitnya bakal berlipat lebih dan lebih.

Sebaliknya, kejujuran adalah lebih indah walaupun itu nggak asyik-asyik amat. Karena paling nggak kejujuran itu nggak membuat bom waktu buat diri kita sendiri dan orang lain dimasa depan.  Kejujuran banyak banget membawa kebaikan bagi kita, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam, (yang artinya). “Sesungguhnya kejujuran menunjukkan kepada perbuatan baik, dan perbuatan baik menunjukkan kepada surga dan sesungguhnya seseorang yang membiasakan jujur ia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan, sesungguhnya dusta menunjukkan kepada perbuatan dosa, dan perbuatan dosa menunjukkan kepada neraka, dan sesungguhnya seseorang yang biasa berdusta ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (HR. Bukhari Muslim).

Akhirnya kita juga tahu kenapa Allah sangat melarang kita buat melakukan kebohongan. Karena Allah dengan pasti tahu kalau kebohongan itu cuma akan buat diri kita sedih, kalut, kacau, dan punya macam-macam rasa yang minusnya banyak banget selain juga bisa membawa kita ke neraka.

Jadi kawan mulai sekarang kita belajar buat jujur yuk. Walaupun itu berarti kita juga belajar menerima resiko yang nggak asyik sekalipun. Percaya deh, yang begini lebih asyik banget kok dari pada kita harus buat PR banyak buat diri kita sendiri di masa depan karena sebuah kebohongan. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE