Apakah Suami Boleh Berpoligami? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Apakah Suami Boleh Berpoligami?

479 kali dilihat

Saya khawatir ketika menikah dengan seseorang yang paham agama, maka dia juga akan melakukan praktek poligami”. Hijabers,  mungkin ada dari kita yang pernah mengatakan kalimat ini. Disisi lain kita mungkin akan bahagia memiliki seorang suami yang mengerti dan rajin menjalankan ibadah. Namun disisi lain rasa khawatir kita sebagai wanita, menuntun kita untuk takut kalau- kalau akhirnya nanti pasangan kita kelak akan melakukan praktek poligami.

Padahal Hijabers, laki- laki yang paham tentang agama, memang akan mengerti bahwa poligami diperbolehkan dalam Islam. Namun mereka juga akan mengerti bahwa resiko, serta tanggung jawab, dari semua itu tidaklah kecil, dan atau hanya berlaku di dunia saja. Bahkan sampai akhiratpun tanggung jawab itu akan tetap dipertanyakan oleh Allah.  Akhirnya mereka juga tidak akan lantas sembrono melakukan praktek poligami, hanya dengan alasan “sunnah Rasul” sedangkan mereka banyak melupakan banyak konsekuensi dari perbuatan tersebut.

Kita para wanita, kadang terlalu banyak mengikuti prasangka dari perasaan kita yang belum tentu pasti kebenarannya. Kita para wanita, juga kadang terlalu suka membesar- besarkan masalah, karena dilandasi rasa cemburu.

Padahal, walaupun memang rasa cemburu itu sudah menjadi kodrat wanita, namun sebagai muslimah yang ingin belajar lebih baik, maka tidak perlulah kita menuruti rasa was was, risau, atau malah kemarahan yang tidak terkendali, karena semua itu berarti kontrol setan sudah ada dalam diri kita. Yang Allah putuskan untuk terjadi dan menjadi takdir kita, maka akan pasti terjadi, dan yang tidak juga tidak akan mungkin bisa terjadi. Masih banyak hal yang harus kita selesaikan dan kita perbaiki dalam hidup ini dari pada sekedar mengurusi hal yang belum pasti terjadi.

Hijabers, Hati hanya bisa diisi satu seperti halnya Rasulullah SAW yang sangat mencintai Khadijah istri beliau, walaupun Khadijah telah meninggal dunia, dan beliau telah memiliki pasangan lainnya. Karena itu kita sebagai wanita, akan lebih baiknya tidak perlu khawatir dengan masalah poligami. Karena akan terjadi ataupun tidak, hal itu tentunya sudah dituliskan oleh Allah sebelum kita lahir di dunia ini. Dan Dia lah pula satu- satunya yang tahu mana- mana yang terbaik bagi kita. Tidak perlu risau akan hal itu. Yang perlu kita lakukan, adalah melakukan tugas dan kewajiban kita sebaik- baiknya sebagai seorang istri dan seorang ibu. Agar kita lebih disayang Allah dan memiliki tempat khusus di hati pasangan kita dan anak- anak kita, seperti halnya Ibunda Khadijah. Setuju?



RELATED ARTICLE