Apa Kata Hadist Hukum Bersedekah? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Apa Kata Hadist Hukum Bersedekah?

Kebahagiaan yang sebenarnya itu bukanlah ketika kita banyak mengumpulkan harta, tapi justru adalah ketika banyak yang terbantu dari banyaknya harta kita. Namun hal itu sungguh sulit untuk dilakukan, jika bukan karena pertolongan dan rahmat Allah yang membukakan hati kita. Karena pada dasarnya "Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir." (QS. Al-Ma’arij:19)

Tapi Rasulullah tauladan kita yang mulia telah mencontohkan sebuah sikap utama. Sikap yang akan menjauhkan kita dari menjadi yang tercela. Lihatlah bagaimana Beliau selalu menganjurkan sedekah, sedekah, dan sedekah untuk membantu saudara kita yang kurang mampu. 

 “Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (Hr. BukhariMuslim) 

Karena itu tidaklah mengherankan jika para generasi terbaik, para sahabat Rasulullah SAW dulu pun akhirnya berlomba-lomba dalam bersedekah. Bahkan dalam sebuah hadist diriwayatkan, dimana Rasulullah SAW penah bertanya kepada Abu Bakar yang saat itu menyumbangkan hartanya untuk kepentingan perang Tabuk, "Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?" Abu Bakar menjawab, "Ku tinggalkan bagi mereka Allah SWT dan Rasulnya". Mendengar semua itu, Umar bin Khatab pun berkata,"Demi Allah, aku tidak akan pernah bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya."

Masya Allah, mereka yang sangat-sangat kaya itu tidak pernah ragu untuk menyumbangkan harta mereka di jalan Allah. Iman mereka bahkan lebih mahal dari semua itu, Hijabers. Mereka percaya dengan kuasa Allah dengan sebenar benar percaya. Mereka percaya penuh dengan janji Allah yang tak pernah ingkar janji. 

 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Ia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

Jangan kawatir harta kita akan habis dan apalagi jatuh miskin karena bersedekah, Hijabers. Karena Sang Maha Kaya telah berjanji melipatkan apa yang telah kita berikan itu berkali-kali lipat. Kekuataannya sungguh diluar akal dan nalar kita. 

 Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya. (Hadist Qudsi) 

Banyak yang telah mempraktekkan dan membuktikannya sendiri. Sungguh, kita pun harus merasakannya pula. Agar kita tahu dan mengerti bahwa dunia ini tidak berjalan hanya dengan kalkulator atau hitungan manusia. Terkadang berkah dan rahmat Allah yang besar lewat sedekah, sungguh jauh lebih baik dari yang pernah kita bayangkan. Tidak hanya itu saja kawan, dengan bersedekah kita juga akan memperoleh banyak kebaikan.

Rasulullah SAW bersabda Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad).

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim menigkatkan (hartanya) di masa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), dan melauinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois.” (Fiqh-us-Sunnah)

Rasulullah SAW bersabda, Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana. (H.R. Ath-Thabrani)

 Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah! (HR.Abu Dawud)

Dan masih banyak kebaikan-kebaikan lain yang akan kita dapat seperti telah dipesankan Rasulullah SAW, lewat kemuliaan sebuah sedekah. Jadi jangan tunda lagi, Hijabers! Ayo bersedekah!

 






 

Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top