Antara Mau Nggak Mau | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Antara Mau Nggak Mau

(Diaryhijaber.com) - Manusia bukan robot, yang cuma dengan sekali klik trus on, dan bisa diprintah inih ituh. Manusia punya rasa, yang kalo itu nggak ada, ya hati juga akan kepaksa dan berat aja ngelakuinnya. Asli, yang begitu itu nggak asik bibeh.

Rasa yang buat kita mau itu, ada saat pikiran dan hati kita sinkron trus setuju buat kerjasama merintah tubuh ngelakuin sesuatu. Nah nggak enaknya nih kalo pas salah satu "ngambek" nggak mau jalan. Pikiran kemanaaa, eh hati kemanaaa... ituh nyesek bibeh.

Jangan salah cuy, yang begituh mah banyaaak bu. Apalagi kalo nyangkut soal kepentingan hari hari. Banyak orang kudu kerja, tapi judulnya bukan karena mau ato seneng dengan kerjaannya, tapi TERPAKSA atau mau nggak mau kudu bekerja buat ngidupin keluarganya. Ada juga yang TERPAKSA nggak sekolah karena keadaan ekonomi keluarganya yang minim. Atau ada lagi tuh yang mau nggak mau kudu kuliah walo sebenarnya bukan jurusan itu yang dia suka. Cuman karena ortunya mao, yawdah kudu nurutlah dia... hadeee...

Tapi.. tapi... tapi...

Urusan mau nggak mau itu sodara sodari toh tetep judulnya urusan dunia. Yang paling nggak bisa laaah dislesein dengan ngomong bareng kek, kerja keras kek, ato kalo badan dah terlalu capek, breg!! Bisa lah langsung tidur.

Nah tapi kalo yang ni, ugh peddih bibeh. Kalo mau nggak maunya soal akherat, nah rada ribet juga itu urusan bu. Mau nggak mau kudu mati, pas jadwal idup kita dah abes. Nggak bisa tuh delay walopun sebentar. Mau nggak mau kudu ngejawab pertanyaan malaikat munkar nakir. Nggak bisa tuh di wakilin ato pake joki bu. Trus nggak mungkin juga pake pilian "phone a friend, ask the audience, dan switch question". Kuis kalee' wkwkwkwk....

Next, mau nggak mau juga kudu ngeliat catatan amal kita entar, nggak bisa juga lah di hapus pake penghapus pencil, trus dirobah sesuka kita. Akhirnya juga, kita mau nggak mau kudu nempatin tempat akhir kita, ntah tuh di surga ato neraka. Yang surga mah aseg aseg aja bu. Nggak sah dibahas lah yang tuh. Nah yang dineraka, yaaa mau nggak mau deh ya kudu ngerasain siksa. Ampuuuunnn ya Allah!!!

Alquran mengabarkan keadaan neraka yang mau nggak mau ya kudu dijalanin ama mereka yang berdosa. Dahsyat bangeet say! Nggak bisa digambarin dah. Ampe dituliskan kalo, 

"Mereka berseru: "Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja"

 (QS. Al-zukhruf: 77)

Maka Malikat Malik menjawab,

  "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini). Sesungguhnya Kami benar-benar telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.”

 (QS. Al-Zukhruf: 77-78)

Ya mau nggak mau. Seneng nggak seneng, kudu tetep jalan. Kudu tetep dirasain dan di lakuin. Daaaan, kudu dijalanin... hiks...

Ok deh... stop plis!!!

Say, lama lama takut juga ya ngebahas begituan mah. Ya Allah merinding banget bu. Yawdah itu kan masih entar juga lah yaaaa... Alhamdulillah untung kita masih di dunia sekarang. Untuuuuung aja, untuuung banget kita nih. Paling nggak lah dibanding mereka mereka nih, 

"Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.”

 (Qs Al Mukminun: 99-100)

Kita tuh beruntung, masih dikasih nafas buat hidup. Jadi judulnya kita entar bukan mau nggak mau, tapi kita bisa milih untuk mau say. Mau buat memperbaiki diri dan lebih deket sama Allah. Mau buat tobat dan kembali ke jalan Allah. Rasa "mau" ngelakuin hal itu, buat semua lebih asik dan berakhir nanti dengan asik juga, terutama buat kitanya sendiri.

Ngapain sih say, kudu nyiksa diri dan kepaksa ngelakuin yang nggak kita mau, kalo kita sekarang bisa milih pilihan yang asik dan lebih baik buat entar. Dan kitapun enjoy ngejalaninnya. Yaitu pas kita di surga. Pertanyaannya yang begini kita pada mau nggak??? Trus udah maksimalkah usaha kita buat ke arah sana??? Jawabnya kita sendiri lah yang tau. :) :)


(NayMa/Diaryhijaber.com) 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top