Anjing Yang Bisa Melihat Setan | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Anjing Yang Bisa Melihat Setan

Indra manusia itu sangat terbatas khususnya dalam penglihatan. Banyak hal yang kasat mata yang tidak bisa dijangkau oleh mata manusia. Namun hal ini berbeda dengan penglihatan para binatang, seperti anjing, keledai dan ayam jantan. Dengan ijin Allah, para binatang ini bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia seperti kehadiran setan, malaikat dan lain- lain.

 

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, (yang artinya), "Jika kalian mendengar kokokan ayam, maka mohonlah keutamaan dari Allah, karena sesungguhnya dia melihat Malaikat. Jika kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan, karena sesungguhnya ia melihat setan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

“Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat”. (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

 

Dan Hijabers, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang sangat jujur dan dapat dipercaya ucapannya. Karena itu, tidak mungkin beliau akan mengatakan sesuatu yang tidak benar atau berdusta. Pun demikian dengan keterangan beliau tentang hadist diatas. Walaupun akal kita belum bisa mencapai dan atau indra kita belum bisa menjangkau, namun kita sebagai umatnya harus mengimani kebenaran ucapan beliau.

 

Hijabers, anjing adalah hewan yang bisa melihat kehadiran setan. Dan anjing di rumah kita pula yang membuat malaikat rahmat tidak mau memasuki rumah- rumah kita. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)(Hr. Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

 

Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu ‘anha juga pernah menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam kala itu telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa Jibril akan datang menemui beliau. Namun ketika waktu pertemuan itu tiba, ternyata Jibril tidak datang. Dan setelah dilihat ternyata ada seekor anjiing yang masuk ke dalam rumah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena itulah akhirnya Jibril tidak mau memasuki rumah beliau. (Hr. Muslim)

 

Dari beberapa keterangan hadist ini Hijabers, bisa kita simpulkan bahwa kita harus banyak meminta perlindungan Allah saat mendengar lolongan anjing dan atau ringkikan keledai, serta kita tidak diperbolehkan memelihara anjing kecuali dalam kondisi darurat, atau yang mendatangkan kemanfaatan, seperti dalam berburu atau mencegah bahaya dari binatang ternak atau tanaman. Hal ini karena selain malaikat Rahmat tidak mau masuk ke dalam rumah kita, nilai kebaikan kitapun akan berkurang dihadapan Allah Ta’ala.

 

Beliau Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Barang siapa memiliki anjing selain untuk (menjaga) binatang ternak atau tanaman atau untuk berburu, akan berkurang amalannya sebesar qirath setiap harinya” (HR. Bukhari Muslim)

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top