Al-Quran Petunjuk Kehidupan Kita | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Al-Quran Petunjuk Kehidupan Kita


Bayangkan, ketika kita sedang tersesat di sebuah hutan yang luas dan lebat, lalu kita ingin keluar dari situasi membingungkan itu. Kita pasti membutuhkan penunjuk arah entah dalam bentuk peta, google map, kompas atau mungkin seorang guide yang mengenal dengan baik medan di sana, untuk menuntun kita keluar dari hutan tersebut.

Jika kita tidak perduli untuk mengikuti semua itu, kemudian berusaha mencari sendiri jalan keluarnya sendiri, bisa dipastikan kita akan tersesat, berputar-putar tanpa arah dan tujuan yang jelas. Kita juga akan membutuhkan waktu yang sangat lama, karena kita memang tidak mengerti tentang keadaan di sana.

Sama seperti kehidupan kita sekarang ini. Kita yang banyak tersesat dengan situasi dunia yang penuh kejutan, lalu tidak tahu harus berbuat apa. Kita kadang suka berkreasi sendiri, menciptakan jalan keluar sendiri apapun resikonya.

Padahal Allah Subhanahu Wata’ala, Allah yang sangat penyayang kepada kita itu telah memberikan kita sebuah “buku petunjuk” agar kita tidak lagi tersesat, sedih, dan kerepotan dengan segala cobaan yang datang di hidup kita.

Tapi lihatlah kita. Banyak dari kita yang mengacuhkan petunjuk itu. Kita malah asing kepadanya, kita menganggapnya remeh, dan bahkan mungkin sama sekali belum mengenal atau tidak ingin mengenalnya. Padahal “buku petunjuk” yang bernama Al-Quran merupakan sebaik baik petunjuk bagi kita dalam mengatasi berbagai masalah kehidupan.


“Dan kami turunkan Al-Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (muslimin).”  (QS. An-Nahl : 89)

“Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada dalam) dada dan petunjuk (pedoman) serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus : 57)

“Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikanpetunjuk kepada  yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepadaorang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahalayang besar.”  (Al-Isra’:9 )

"AlQuran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mu'min”  (Qs. Fushshilat ayat: 44)


Hijabers, telah banyak contoh seseorang yang bingung, tidak jelas akan hidupnya. Sangat berat bagi mereka melalui hari-harinya. Mereka jauh dari rahmat Allah, karena tidak perduli dengan petunjuk petunjuk Allah, yang justru akan membuat hidup mereka bahagia. Karena itu, lebih baiknya jika kita mulai mengambil pelajaran supaya kita tidak mengalami hal serupa dalam hidup kita.

Ramaikan hari dengan membaca “buku petunjuk” dari Allah ini. Jangan lewatkan sehari pun tanpa mempelajari dan memahaminya. Maka akan banyak kita ketahui, kunci kebahagian sejati dari hidup kita di dunia ini dan kehidupan kita nanti. Maka akan banyak kita pahami, tentang ketenangan hidup yang hakiki, yang pastinya sangat berbeda dengan yang ditawarkan oleh siapapun di dunia ini.

Kenalilah Allah, kenalilah Al-Quran, berakrab-akrablah dengan Al-Quran, maka kita akan senantiasa mendapatkan semua kebahagiaan dan ketenangan itu di hari hari kita, di dunia ini dan di kehidupan kita nanti. InshaAllah.

 





 

Writer : Ratna.P.Sari

Editor : BL




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top