"Aku tidak beribadah kepada mereka" | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

"Aku tidak beribadah kepada mereka"

(Diaryhijaber.com) 

Assalamuallaikum cantik.... :)...

Eh gue mau sharing sedikit nih tentang sebuah kejadian yang asyik hari ini. Kisahnya dimulai ketika seorang cewek yang berjilbab lebar yang lagi jalan tiba tiba ditegur dengan kalimat yang kurang ngenakin ati. 

"Haduh kenapa sih kudu pake gituan??.Penampilan begitu aneh disini. Nanti kamu malah diketawain orang". Tanpa basa basi orang itu mengeluarkan kalimat dengan nada sangat menusuk. Tapi yang gue nggak nyangka, jawaban cewek itu sungguh sederhana, tapi... Dalemm banget. 

"Aku memang harus berbuat baik pada manusia, tapi aku tidak beribadah pada mereka"

Jleb!! 

Gue pribadi kaget dengan kalimat itu. Itu adalah jawaban yang mencerminkan imannya yang teguh dan pendiriannya yang kuat. Penampilan muslimah yang hijab syar'i nya tetap dipertahankan di tengah gempuran hinaan dan cacian manusia. 

Girls, Sebuah pelajaran berharga bisa kita ambil dari kejadian yang menimpa cewek tadi. Bedanya kalo si cewek itu sedang belajar untuk meluruskan niat walopun di caci, tapi kita malah sebaliknya. Seringkali kita MENINGGALKAN SESUATU karena takut dicaci dan MELAKUKAN SESUATU karena pengen dikagumi dan atau biar dekat dengan kita. Kita melupakan kalo seharusnya Hanya ridho Allah lah tujuan kita, setiap kita melakukan sesuatu. 

Fudhail Bin Iyadh berkata: “Beramal karena manusia adalah syirik, meninggalkan amalan karena manusia adalah riya’ dan ikhlas adalah Allah menyelamatkanmu dari keduanya”.

Syirik dan riya' yang tau cuman hati kita sendiri dan Allah Subhanahu wata'ala. tapi girls, seperti kata pepatah "No free lunch", semua nggak ada yang gratis. Semua bakal kita pertanggung jawabkan dihadapan Allah nanti. Semua nggak ada yang luput dari hari hisab.  “Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri.” (QS. Al-Qiyamah: 14)

Pada suatu hari Rasulullah berkhutbah kepada kami. “wahai sekalian manusia, takutlah akan syirik ini (riya’) karena ia lebih tersembunyi dari pada rayapan seekor semut”, lalu salah seorang bertanya, “ya Rasulullah, bagaimana kita mewaspadainya?” beliau menjawab, “berdoalah dengan doa ini : ya allah kami berlindung kepada engkau dari mempersekutukan sesuatu dengan Mu apa yang kami ketahui dan kami memohon ampunan dari apa yang kami tidak ketahui.” (Riwayat Ahmad)

Girls, Riya adalah syirik kecil. Tapi dosanya lebih sangat besar dari pada dosa besar. Karena itu nggak berlebihan kalo kita kudu ati ati banget dengan yang satu itu. 

Hidup demi pandangan indah depan orang itu capek gaes. Dan ngejalanin hari demi memuaskan orang itu nggak akan ada habisnya. Serius. Karena seribu orang berarti seribu pemikiran. Seribu omongan dan seribu pendapat. Pusing tau. Capek. Apalagi kalo tentang nilai nilai Islam. Bahkan Rasulullah SAW telah bersabda “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)

Mendekati akhir jaman, Jangan merasa aneh kalo kita yang pengen berislam secara penuh malah justru di hujat orang. Jangan merasa sedih saat kita pengen belajar istiqamah justru dipandang sebelah mata sama orang lain. Dari 14 abad yang lalu, itu dah di pastiin sama Rasul. So, keep cool aja bu'....

Dan satu hal yang kudu nyantol di kepala, Riya emang syirik kecil tapi jangan pernah dianggap kecil. Kalo kita udah ngerasa pernah ngelakuin yuk segera aja taubat pada Allah. 

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu terputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"  [Az-Zumar/39:53]

Mumpung nafas kita masih say. Nggak pantes rasanya kalo kita sia siakan waktu dan kesempatan yang Allah udah kasih ke kita. Ato kalo hidup kita kadung selesai, 

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar" [An Nisaa : 48]

Suerr, Kalo ampe yang beginian kejadian dikita, serius itu bakal nggak enak banget. Ya nggak siih????.....


(NayMa/diaryhijaber.com)




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top