Adab Menyampaikan Salam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Adab Menyampaikan Salam

160 kali dilihat

Sesama muslim adalah bersaudara. Karena itulah perlunya ada ikatan saling menyayangi agar persaudaraan semakin erat. Salah satu cara adalah dengan mengucapkan salam kepada saudara kita, ketika bertemu dengan mereka. Dan dibawah ini adalah beberapa adab dalam menyampaikan salam tersebut.

 

  1. Dianjurkan untuk menyampaikan ucapan salam secara sempurna, yaitu dengan mengucapkan, “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakatuh.”
  2. Hendaknya kita menyampaikan salam dengan penuh penghormatan, dan menjawab salam dari saudara kita juga dengan penuh penghormatan kepadanya. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala di dalam AlQuran, (yang artinya) “Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu”. (QS. an-Nisa: 86)
  3. Menjabat teman wanita kita, sembari mengucapan salam “assalaamu‘alaikum warahmatullaahi wa barakatuh”. Dan apabila kita dalam rangka menyambut kedatangannya dari bepergian, maka memeluknya pada saat itu adalah sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan hadits Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata “Apabila sahabat-sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam saling berjumpa, maka mereka saling berjabat tangan, dan apabila mereka datang dari bepergian, mereka saling berpelukan.” (HR. Ath-Thabrani)
  4. Tidak mencukupkan ucapan salam kita hanya dengan isyarat atau lambaian tangan saja, tanpa menyertainya dengan lafazh “assalaamu‘alaikum”. Hal ini berdasarkan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian memberikan salam sebagaimana salamnya orang-orang Yahudi, karena sesungguhnya cara Yahudi memberi salam adalah dengan (anggukan) kepala dan lambaian tangan atau dengan isyarat (tertentu).” (HR. Tirmidzi)

Demikian sedikit dari adab yang harus kita lakukan dalam menyampaikan salam kepada saudara muslim kita. Semoga bermanfaat.


 



RELATED ARTICLE