Nih, Cara Jitu Ngadepin Bullying | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Nih, Cara Jitu Ngadepin Bullying


(Diaryhijaber.com) Bullying adalah perlakuan kasar secara fisik, mental, atau perkataan yang ditujukan buat orang lain, dengan tujuan mengintimidasi mereka. Hal yang begini banyak kejadian di sekolah, tempat nongkrong, bahkan tempat bokap nyokap kita kerja lho.

Hal yang sering dijadiin bahan bully biasanya adalah kekurangan yang nampak ato yang nggak nampak dari si korban. Bullying ternyata bukan masalah standart alias sepele aja, girl. Sebuah penelitian di Inggris membuktikan kalo lebih dari 40 persen remaja bunuh diri karena jadi korban bully.

Lalu, apakah kamu pernah jadi korban bully juga? Apa efeknya masih ngaruh juga ampe sekarang? Karena itu, yuk kita kenali gimana sih caranya bersikap agar kita nggak jadi bulan- bulanan para pem-bully. Cekidot!

1. Humoris dan Percaya Diri

Mereka yang suka nge-bully kamu, pinter banget manfaatin rasa minder, sensi, dan atau sifat kamu yang kelihatan kurang. Karena emang itulah yang mereka mau. Mereka mau kamu sedih dan makin minder, dan makin nggak pede, sehingga mereka lebih kelihatan superior dari pada kamu.

Karena itu, kalo kamu mau buat mereke selesai dengan tekanan yang dilakuin ke kamu, maka perlihatkan sikap kalo kamu adalah cewek yang tetep cool dan nggak gampang heboh atau buru- buru nangis saat di bully. Yes dear, kadang diam adalah salah satu cara yang bagus buat ngelawan mereka. Karena itu membuktikan kamu lebih dewasa dan lebih kuat dari orang yang mem-bully kamu. Dengan diam, kamu membuktikan sebuah pengendalian diri, dan sifat itu yang enggak dipunya si pem-bully.

Trus kalo yang mereka lakukan ternyata tetep berlanjut, bisa aja lawan dengan sikap yang tetep sante dan ceria. Contoh nih, kalo si pem-bully bilang kamu kelebihan berat badan, kasih aja senyum sambil melangkah pergi, dan bilang  Ok, thanks sarannya, tar aku kurusin dikit,deh!. Wkwkkw, bisa dibayangin gimana reaksi mereka, saat ternyata si target tetep dame sentosa walo di bully? Yang ada malah mereka bakal ngerasa malu ato bingung sendiri.

2. Be Brave!

Kalo langkah pertama nggak berhasil bisa dicoba tuh langkah ke dua inih.

Girls, mereka yang ngelakuin nge-bully kamu, secara nggak langsung mau nunjukin kalo “nih gue! gue lebih hebat dari lo. Dan lo kudu nurut dan takut sama gue”. Pertanyaannya, Hellooooow emangnya mereka siapa, cyin?. Dan tau nggak sih girls, mereka para geng pem-bully, bakal lebih beraksi saat mereka sadar korban mereka memang “menikmati” di bully. Ini karena kelihatan juga kok dari reaksi korbannya yang nggak kasih perlawanan balik yang bener- bener ngelawan, kecuali hanya sekedar perlawanan seadanya. Akhirnya jadilah si korban itu semakin jadi bulan- bulanan mereka, genk pem-bully itu. Karena itu, kalo ternyata kamu adalah salah satu korban kejahatan mereka, nggak perlu ragu buat nunjukin sinyal kalo kamu cukup berani, bahkan banget buat bisa ngelawan mereka. Tapi seperti lebah yang nggak nyengat kalo nggak diganggu,mungkin seperti itulah harusnya kita menghadapi mereka para pem- bully itu. :)

3. Jauhin Mereka

Satu hal yang kudu kita ngerti, kalo orang yang sampe tega nge- bully orang lain itu udah pasti orang jahat. Dan dia kudu kita jauhin. Bukan karena takut, tapi justru karena kawatir kita bakal ikutan kena virus jahatnya. Karena itu, jangan ragu- ragu buat kasih jarak ke mereka dan jangan malah ngarep jadi temen mereka, ato malah nurut sama mereka biar kamu bisa gabung sama mereka. Ya Allah tolong, masih banyak lagih temen diluar sana yang lebih baik dari mereka girls. Lagi pula nih, kalo kamu udah ikutan masuk ke situ, mau nggak mau kamu kudu ikut aturan mereka, yang kebanyakan justru nggak tau aturan. iyuuh nggak banget, cyiin!. Tau kenapa? Masih inget kemarin pas kasus genk hello kitty yang berakhir dipenjara? Emang dirimu mau ikut- ikutan masuk jeruji dan kehilangan momen masa muda kamu, karena udah rela berteman dengan mereka?.

4. Kasih Tau Ortu, Sohib Ato Orang Terdekat yang Lain

Girls, kalo Bully itu ternyata udah kelewatan, jangan pikir kalo semua masalah bisa diselesaikan cuman dengan diam aja. Ada kalanya kamu kudu beri tau ortu atau salahsatu keluarga kamu, biar kamu nggak sampe ngalamin sedih ato depresi terus-terusan karena jadi korban bully. Mereka Inshaallah bisa kasih kamu jalan




Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top