Keren! Penemu Benua Amerika Ternyata Penjelajah Muslim | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Keren! Penemu Benua Amerika Ternyata Penjelajah Muslim

(Diaryhijaber.com) - Selama ribuan tahun, dunia nganggap kalo penemu Benua Amerika adalah Christopher Colombus di tahun 1492. Tapi penelitian ulang yang udah dilakukan oleh para peneliti Barat, dan berdasarkan sumber-sumber tertulis dari ilmuan Muslim, ternyata dibuktikan kalo Benua Amerika udah ditemukan sama penjelajah Muslim 603 tahun sebelum Colombus menginjakkan kakinya pertama kali di benua Amerika.

Bahkan Presiden Turki Tayyip Erdogan baru- baru ini juga menyatakan kalau "Para pelaut Muslim tiba di Amerika dari 1178. Columbus sendiri yang menyebutkan tentang keberadaan masjid di satu bukit di pantai Kuba".

Pernyataan yang persis banget sama juga disampaikan oleh John Boyd Thacher dalam bukunya "Christopher Colombus" yang terbit di New York taun 1950. Dia menulis kalo Colombus ketika sedang berlayar di dekat Cibara, ato bagian tenggara pantai Cuba, telah melihat mesjid di atas puncak bukit yang indah.

Nggak cuma itu aja, Clyde Ahmad Winters dalam bukunya "Islam in Early North and South America" juga menyebutkan kalo para antropolog yang melakukan penelitian udah nemuin prasasti yang tulisannya pake bahasa Arab di lembah Mississipi dan Arizona.

Orang-Orang Islam yang kala itu datang ke benua Amerika, banyak membawa misi damai lewat berdagang. Sejarawan Ivan Van Sertima dalam karyanya "African Presence in Early America" menulis kalo para pedagang Muslim dari Arab sangat aktif berniaga atau berdagang disana. Karena itu Columbus bahkan ngungkapin kekagumannya pada orang Karibian yang sudah beragama Islam.

Sebagai seorang muslim, kita kudu bangga donk dengan penemuan itu. Ternyata kebudayaan Islam itu udah tersebar luas, dan bener- bener diakui dunia, lho. Keren!

(NayMa)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top