Ini Lho, Salah Satu Penghuni Surga | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Ini Lho, Salah Satu Penghuni Surga

(Diaryhijaber.com) - Asalamuallaikum girls, jumpa lagi nih sama kita. Kali ini kita mau kasih sebuah kisah inspiratif lagi tentang seorang kehidupan penghuni surga. Semoga kisah ini memberi kita memberi banyak pelajaran dan hikmah. 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik dia berkata, “Ketika kami duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba beliau bersabda, ‘Sebentar lagi akan datang seorang laki-laki penghuni Surga.’ Kemudian seorang laki-laki dari Anshar lewat di hadapan mereka sementara bekas air wudhu masih membasahi jenggotnya, sedang tangan kirinya menenteng sandal.

Esok harinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lagi, ‘Akan lewat di hadapan kalian seorang laki-laki penghuni Surga.’ Kemudian muncul lelaki kemarin dengan kondisi persis seperti hari sebelumnya.

Besok harinya lagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Akan lewat di hadapan kalian seorang lelaki penghuni Surga!!’ nggak lama kemudian, orang itu masuk dengan kondisi persis seperti sebelumnya; bekas air wudhu masih memenuhi jenggotnya, dan tangan kirinya menenteng sandal .

Setelah itu Rasulullah bangkit dari tempat duduknya. Sementara Abdullah bin Amr bin Ash mengikuti lelaki itu, lalu ia berkata kepada lelaki tersebut, ‘Aku sedang punya masalah dengan orang tuaku, aku berjanji tidak akan pulang ke rumah selama tiga hari. Jika engkau mengijinkan, maka aku akan menginap di rumahmu untuk memenuhi sumpahku itu.’

Dia menjawab, ‘Silahkan!’

Anas berkata bahwa Amr bin Ash setelah nginap tiga hari tiga malam di rumah lelaki tersebut ia nggak pernah lihat orang itu sedang sholat malam atau tahajud, cuma setiap kali terjaga dari tidurnya ia lalu baca dzikir dan takbir sampe mau subuh. Lalu orang itu berwudhu.

Abdullah juga bilang kalo, ‘Saya tidak mendengar ia berbicara, kecuali yang baik.’

Setelah menginap tiga malam, saat hampir saja Abdullah menganggap remeh amalnya, ia berkata, ‘Wahai hamba Allah, sesungguhnya aku tidak sedang bermasalah dengan orang tuaku, hanya saja aku mendengar Rasulullah selama tiga hari berturut-turut di dalam satu majelis beliau bersabda, ‘Akan lewat di hadapan kalian seorang lelaki penghuni Surga.’ Selesai beliau bersabda, ternyata yang muncul tiga kali berturut-turut adalah engkau.

Tentu saja aku ingin nginap di rumahmu ini, aku ingin tau amalan apa yang engkau lakukan, sehingga aku dapat mengikuti amalanmu. Jujur, aku tidak melihatmu mengerjakan amalan yang berpahala besar. Sebenarnya amalan apa yang engkau kerjakan hingga Rasulullah berkata demikian?’

Kemudian lelaki Anshar itu menjawab, ‘Seperti yang kamu lihat, aku tidak mengerjakan amalan apa-apa, hanya saja aku tidak pernah mempunyai rasa iri kepada sesama muslim atau hasad terhadap kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya.’

Abdullah bin Amr berkata, ‘Rupanya itulah yang menyebabkan kamu mencapai derajat itu, sebuah amalan yang kami tidak mampu melakukannya’.”

Subhanallah, ternyata surga memang hanya disediakan untuk manusia yang berhati bening. Susah memang, tapi bukan berarti kita ndak bisa. Tapi begitulah, hanya hamba yang terpilih dan pintar membuat pilihan yang pantas mendapatkan hadiah yang sangat pantas dari Allah SWT. Dan apakah itu salah satunya adalah kita? Semoga...


(NayMa)




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top