Hal- Hal Kecil Yang Kadang Kita Lupain | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Hal- Hal Kecil Yang Kadang Kita Lupain

(Diaryhijaber.com) - "Banyak orang bilang, apa sih pekerjaan cleaning service tuh. Udah kotor,bau,dan mereka itu ibarat kasta paling bawah. Tapi gue nggak pernah minder. Karena gue tau, ini pekerjaan mulia walo banyak orang memandang sebelah mata. Bisa kita bayangin kalo nggak ada cleaning service, seorang direktur pun nggak bakal nyaman kerja. Masuk kantor, trus ngeliat semua brantakan, yang ada malah tambah stress dia."

Hmm.. kelihatannya dari kalimat diatas kita bisa belajar sesuatu girls. Kadang kita yang udah dikasih dua mata ini, masih kurang bisa melihat sesuatu yang kecil tapi ternyata berharga dalam hidup. Seperti cerita cleaning service tadi. Karena nganggap pekerjaan dia sebagai "kasta rendah", akhirnya banyak dari kita yang memandang rendah juga. Padahal kalo nggak ada dia, urusan kita juga pasti makin banyak.

Seperti juga beberapa hal yang bakal kita sebutin ini, mungkin jarang banget kita lakuin ato bahkan nggak sering mampir di kepala, tapi sebenarnya bakal bawa efek positif yang besar buat kita. Hal apa ajakah itu? 

1. Ucapkan : "Terimakasih"

Satu kata ini, kita sering ngucapin buat orang asing yang udah ngasih bantuan ke kita. Kadang nggak diminta pun kita udah buru-buru bilang. Tapi sayang, kita jarang ngucapin ke orang dekat kita, untuk apapun yang udah mereka lakuin. Alasannya, kadang kita mikir karena dia orang dekat kita, maka udah seharusnya dia bantu kita. Atau malah kita mikir kalo ucapan itu nggak perlu diucapin, karena memang udah biasa nggak diucapin. Tapi girls, kalo kita bisa menunjukkan penghargaan dan terimakasih lebih ke mereka yang udah nyisihkan waktu, tenaga dan pikirannya buat kita, kenapa nggak toh? Bukankah itu justru menunjukkan kalo kita adalah pribadi yang menghargai orang lain?

"Bagaimana cara orang berterima kasih, begitulah harga dia dimata orang lain, lebih-lebih dimata sang penciptanya."

2. Bilang : "Tolong"

Kata tolong yang kita ucapkan kepada orang lain, bener-bener menanggalkan kesombongan kita dari merasa lebih tinggi dan anggapan kalo kita lah yang lebih pantes kasih perintah. Kata tolong, juga berarti kita merasa butuh banget bantuan orang lain dan kita menghargai atas sekecil apapun bantuan dia. Karena itu jangan lupa sisipkan kata tolong setiap kali kita butuh bantuan orang lain.

"Jika posisi kita tengah ada di puncak tertinggi, kata "tolong" yang kita ucapkan saat kita butuh bantuan, mengajarkan untuk tetap rendah hati. Kalau sudah begitu, lihatlah betapa manusia akan lebih menyayangi kita". 

3. Ucapkan : "Maaf"

No body's perfect.. karena itulah Allah SWT menciptakan kata "maaf". Karena jika kita mengucapkan satu kata itu, kita akan kelihatan lebih perfect, atau paling nggak terlihat lebih baik dari sebelumnya. Gimana nggak, satu kata kecil ini hanya dimiliki oleh mereka yang berjiwa besar. Dan satu kata mulia ini tidak dimasukkan Allah ke dalam hati  kotor dan di ucapkan oleh mulut manusia yang banyak mencela, dan tidak pandai menghargai. 

"Kata maaf yang kita ucapkan sebenarnya bukan untuk kebaikan orang lain, melainkan untuk diri kita sendiri, untuk merasa lebih damai dan tenang, dan kemudian bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Girls, jangan pernah memandang kecil walopun itu hanya sekedar ucapan yang menyenangkan untuk orang lain. Karena seperti halnya kita, orang lain juga butuh banget buat dihargai atas apapun yang mereka lakukan. Dan satu lagi yang nggak kalah penting, bukan karena jabatan tinggi, status sosial, kecantikan, atau harta yang banyak yang membuat kita berharga, tapi perhargaan ke orang lain yang kita berikan, justru itu yang akan membuat kita lebih dihargai. 

Penghargaan adalah juga bukti kasih sayang kita kepada sesama. Dan maha suci Allah yang selalu mendekatkan orang yang berkasih sayang, dengan limpahan kebaikan. Dan sebaliknya jika kita tidak melembutkan hati untuk menghargai dan berkasih sayang, Allah pun akan menghalangi kita dari mendapatkan kebaikan. Seperti yang pernah diajarkan Rasul kita yang mulia,

Dari Jarir bin Abdullah RA, ia berkata : Bahwasanya nabi SAW bersabda : ” Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla memberi kepada orang yang kasih sayang apa-apa yang tidak diberikan kepada orang yang pandir(bodoh). Dan apabila Allah mencintai kepada seorang hamba, Allah memberinya sifat kasih sayang. Dan Tiadalah suatu keluarga yang terhalang kasing sayang, melainkan mereka terhalang pula dari kebaikan”. [HR. Thabrani, Muslim dan Abu Dawud] 


(NayMa)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top