Habis Kuliah, Trus Ngapain? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Habis Kuliah, Trus Ngapain?

(Diaryhijaber.com) - Jadi gini, satu hari gue denger ada orang yang bilang kalo "Skill itu melekat, dan gelar itu tempelan". Gue lalu cari tau apa sih makna dan artinya.

Dan.. akhirnya gue ngerti. Banyak dari kita yang mungkin sekarang lagi kuliah, tapi kalo ditanya "tar habis kuliah, lo mau ngapain? lo mau kerja apaan?". Jawabannya rata- rata banyak yang masih ngambang alias belum pasti. Ya iyalah, siapa yang bisa ngerti apa yang bakal terjadi dimasa depan.Tapi nggak salah juga donk, kalo masa depan kita rancang dari sekarang. Ibarat kata, sedia payung sebelum hujan. Biar nanti kedepannya kita nggak repot jenk. Ya nggak?

Tapi biasanya, walopun kita udah mateng sama rencana kita, kadang prakteknya kita bakal ketemu kendala juga loh. Salah satunya ini nih.

Seperti kita tau, cewek kaya' kita suatu hari bakal pasti pengen jadi ibu. Nah pas kita udah jadi ibu, banyak dari kita yang akan mengalami dilema, antara kudu milih karir dan keluarga terutama anak- anak kita. Akhirnya, banyak juga yang nurut sama naluri keibuannya, dan memilih stay dirumah. Sedang yang lain memilih buat tetap bekerja di luar rumah, dan konsekuensinya, intensitas dengan keluarga berkurang.

Tapi ada yang bilang, karir dan keluarga bisa jalan beriringan. Itu mungkin aja bener. Tapi segala sesuatu pasti berlaku kata "paling" jenk. Dan "paling" itu berarti cuma satu, dan mengalahkan yang lain. Biar bagaimanapun kita berusaha, pasti tetap ada yang jadi prioritas dari kita.

So, dari pada kita pusing buat milih milih salah satu, full di rumah atau full di luar,  jalan keluarnya adalah tetep stay dirumah tapi juga sambil kerja, jadi keluarga juga nggak kekurangan perhatian kita dan kita tetep bisa mengoptimalkan potensi kita.

Saat bekerja seperti itulah, waktunya kita bisa memaksimalkan ketrampilan yang kita punya. Contohnya, ketrampilan memasak, menjahit, menulis, nge-desain, dan lain- lain. Atau penggabungan diantara dua, yaitu ilmu di bangku sekolah, dan ketrampilan atau bakat yang kita punya.  

Tapi masalahnya jenk, ketrampilan "feminin" ini yang jarang kita optimalkan ternyata jenk. Bukan karena kita nggak mau, tapi karena kita nggak TAU. Kita nggak ngerti kita ini punya bakat apa sih. Kita nggak kenal diri kita dan keunikan yang kita terima dari Allah. Padahal setiap kita dibekali dengan keistimewaan yang nggak manusia lain punya.

Karena itulah, kalo kita sekarang lagi sibuk nyari ilmu di bangku sekolah, kita juga jangan lupain tentang pengenalan diri agar kita tau potensi bakat kita yang lain, yang berguna buat masa depan kita. Dan siapa tau juga, kalo dimasa depan kita bisa tambah dahsyat saat bisa menggabungkan antar ketrampilan kita dan ilmu yang telah kita dapat dibangku sekolah, dan itu bisa jadi jalan rejeki kita nantinya.  


(NayMa)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top