Serba-Serbi Lalapan Nusantara | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : BL

Serba-Serbi Lalapan Nusantara

Makan tanpa lalapan, rasanya seperti ada yang kurang. Yap, selain berfungsi sebagai penghias, lalapan juga dapat menjadi penyegar saat makan, dan juga kaya serat. Tapi tahukah Hijabers kalau ada berbagai jenis lalapan lho di Indonesia ini. Nah, berikut beberapa jenis lalapan yang ada di Indonesia. Mana yang jadi favorit kamu?

  1. Lalapan Daun Singkong

Daun singkong biasa menjadi lalapan dalam sajian masakan Padang. Rasanya sedikit pahit, tapi sehat dan dapat menjadi penyeimbang rasa bagi makanan Padang. Apalagi kalau dicampur sambal hijau, rancak bana!

  1. Lalapan Kabau

Kabau adalah buah sejenis petai yang biasa digunakan sebagai salah satu lalapan ala Palembang. Kabau biasanya disajikan bersama mentimun, pare, dan daun-daunan lain. Wah, rasanya pasti gurih nian!

  1. Lalapan Seruit

Lalapan dari Lampung ini terlihat kaya, ya! Ya, di dalamnya terdapat pare, mentimun, dan sayur-sayuran lain yang dan membuat lalapan terlihat berwarna! Dan lalapan ini juga senantiasa dihidangkan bersama ikan, dan dinamai seruit. Wah, makan lalapan saja pasti sudah kenyang nih!

  1. Lalapan Hijau

 

Lalapan khas Sunda ini memang berkonsep go-green sekali, maklum, semuanya adalah sayuran hijau. Tapi jangan ditanya segarnya, apalagi dicampur sambal, wah, jadi lupa sama makanan utama!

  1. Lalapan Jawa

5 lalapan jawa

Hampir serupa dengan lalapan lampung, lalapan Jawa juga bervariasi. Hanya bedanya, lalapan ini biasa disajikan bersama sambel terasi manis, dan bersama berbagai makanan seperti misalnya ayam goreng, tempe dan tahu goreng.

Sebelum memakan lalapan, Hijabers juga jangan lupa untuk mencuci bersih semua sayurannya ya! Supaya lalapan menjadi lebih sehat, dan aman untuk dikonsumsi. Tubuh pun jadi lebih segar, lho!


Artikel Terkait Lainnya..
Racikan Pas Hot Tea dan Red Velvet

RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top